June 24, 2020 at 09:30AM - KPK Akui Rekomendasi Perbaikan Kartu Prakerja Permintaan Airlangga -

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

KPK Akui Rekomendasi Perbaikan Kartu Prakerja Permintaan Airlangga

JawaPos.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyampaikan, perbaikan program Kartu Prakerja atas permintaan Menteri Koordinator Bidang Prekonomian Airlangga Hartarto. KPK menyambut baik untuk memberikan rekomendasi perbaikan, agar program Kartu Prakerja bisa berjalan dengan baik di masa depan.

“Pada 6 Mei 2020 Menko Perekonomian bersama PMO dan kementerian terkait mendatangi KPK memaparkan secara rinci tentang Program Kartu Prakerja dan membuka ruang untuk KPK melakukan perbaikan,” kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK, Ipi Maryati dalam keterangannya, Rabu (24/6).

Ipi menyampaikan, KPK berkomitmen untuk mengawal realokasi anggaran penanganan pandemi Covid-19 baik di pusat maupun daerah, mengingat anggaran yang dialokasikan pemerintah signifikan. Di antaranya anggaran untuk jaring pengaman sosial, termasuk di dalamnya bantuan sosial (bansos).

Ipi menyebut, program Kartu Prakerja pada awalnya di desain dalam kondisi normal sesuai Perpres Nomor 36 Tahun 2020. Namun di masa pandemi ini kemudian diubah menjadi semi bansos dengan anggaran Rp20 triliun untuk 5,6 juta target peserta.

“KPK tidak terlibat sejak awal program ini disusun hingga kemudian bergulir. Kami juga tidak terlibat dalam pembuatan aturan, desain dan mekanismenya. Namun, kami mendengar suara masyarakat terkait pendaftaran yang tidak memenuhi syarat, maupun mereka yang mendaftar bukan target utama program kartu prakerja,” beber Ipi.

Ipi menuturkan, KPK dalam pertemuan dengan Menko Prekonomian Airlangga memaparkan rekomendasi atas kajian Program Kartu Prakerja dalam rapat bersama Kemenko Perekonomian dan sejumlah pemangku-kepentingan terkait lainnya pada 28 Mei 2020. Dalam rapat tersebut disepakati sejumlah hal sebagai langkah untuk melakukan perbaikan sesuai rekomendasi KPK.

“Saat ini Menko Perekonomian sedang melakukan perbaikan sesuai rekomendasi KPK yang meliputi regulasi maupun tata laksana program Kartu Prakerja,” tukas Ipi.

KPK Akui Rekomendasi Perbaikan Kartu Prakerja Permintaan Airlangga