June 24, 2020 at 10:01AM - Insentif Peserta Program Kartu Prakerja Cair Pekan Ini -

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Insentif Peserta Program Kartu Prakerja Cair Pekan Ini

JawaPos.com – Pemerintah akhirnya mengevaluasi program kartu Prakerja setelah mendapat masukan dari berbagai pihak. Tata kelola, konten dan modul pelatihan bakal diperbaiki. Project Management Office (PMO) kartu prakerja juga memastikan insentif peserta akan cair pekan ini.

Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja M. Rudy Salahuddin mengapresiasi saran dan kritik dari publik, akademisi, dan lembaga pengawas. Rudy mengaku, program kartu prakerja jauh dari sempurna. Pihaknya berjanji akan berusaha memperbaiki segala aspek agar tepat sasaran.

Saat ini tercatat 680.918 peserta dari tiga gelombang pendaftaran. Dari jumlah tersebut 573.080 peserta di antaranya sudah mengikuti pelatihan. Menurut dia, ada 477.971 peserta sudah menuntaskan paling tidak satu pelatihan dan menerima sertifikat.

Meski demikian, hanya 361.209 peserta yang telah menerima insentif. Sedangkan sisanya belum dibayarkan. “Ada beberapa orang yang belum dibayarkan insentifnya. Ini akan kami cairkan. Mungkin dalam pekan ini untuk bayarkan insentif tersebut,” ucap Rudy dalam konferensi virtual kemarin.

PMO telah meminta persetujuan kepada Menko Perekonomian Airlangga Hartarto untuk mencairkan insentif tersebut. Dengan begitu, pencairan tidak perlu menunggu verifikasi Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). “Tidak perlu menunggu proses verifikasi pembayaran pelatihan yang menunggu BPKP mengenai persetujuan insentif yang belum untuk batch I sampai III,” jelasnya.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mennyatakan akan memperbaiki konten dan modul pelatihan. Dengan harapan, mampu memenuhi kebutuhan upskilling peserta. Sementara jenjang pelatihan praktis, bisauntuk memenuhi kebutuhan peserta mencari pekerjaan baru atau modal wirausaha di masa pandemi.

“Ke depannya, kami akan meningkatkan kapasitas kurasi dengan bekerjasama dengan pakar dan praktisi vokasi, selain jajaran kementerian/lembaga yang biasa menyelenggarakan pelatihan vokasi,” kata Denni.

Di sisi lain, ekonom Bank Permata Josua Pardede menilai, kartu prakerja merupakan program agar tingkat konsumsi masayarakat tetap terjaga di tengah wabah. Terutama bagi para pekerja yang terkena PHK. Namun, yang perlu diperbaiki adalah sistem dari penerimaan agar dapat tersalurkan secara efektif.

Menurut dia, sistem kartu prakerja bisa mencontoh program pemerintah AS. “Dimana para pengangguran mengisi formulir tertentu. Kemudian akan diproses pemerintah sesuai dengan data penduduk, untuk kemudian langsung diberikan benefit tertentu,” beber Josua kepada Jawa Pos.

Data klaim tersebut dapat menjadi acuan dari tingkat pengangguran di Indonesia. Selain itu, dapat digunakan pemerintah untuk mengimplementasi kebijakan countercyclical untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Saksikan video menarik berikut ini:

Insentif Peserta Program Kartu Prakerja Cair Pekan Ini