Tak Ada Mudik, Menparekraf Sandiaga Uno Perbolehkan Jika Staycation

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Tak Ada Mudik, Menparekraf Sandiaga Uno Perbolehkan Jika Staycation


JawaPos.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, keputusan larangan mudik oleh pemerintah harus dijalankan masyarakat. Namun, perekonomian tentunya harus tetap berjalan.

Kata dia, momentum libur lebaran saat ini bisa diganti dengan staycation yang tak perlu menempuh perjalanan jarak jauh. Artinya, liburan dapat dilakukan di daerah tempat tinggalnya saja.

“Sekarang kami menyiapkan opsi-opsi staycation, opsi-opsi pariwisata dalam bingkai PPKM skala mikro termasuk juga penyediaan produk-produk ekonomi kreatif untuk mengganti kehadiran secara fisik masyarakat di kampung halaman,” kata dia dalam keterangannya, Jumat (2/4).

Pihaknya juga telah menyiapkan stimulus-stimulus yang didorong oleh dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Selain diperuntukkan bagi pelaku usaha wisata juga termasuk merumuskan stimulus bagi para pelaku ekonomi kreatif dan industri perfilman.

Lebih detail, untuk produk-produk wisata yang disiapkan mengacu pada kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro. Ia menyebut nantinya akan ada wisata-wisata di kota besar untuk memudahkan masyarakat berwisata karena tidak dapat bersilaturahmi ke kampung halaman.

“Akan ada juga produk-produk ekonomi kreatif yang bisa menggantikan kehadiran fisik mereka di kampung halaman, seperti produk kuliner ataupun fesyen,” cetus Sandiaga.

Baca juga: Larangan Mudik Lebaran 2021 Diterapkan pada 6 sampai 17 Mei

Sementara itu, dalam rangka mendukung pengembangan industri perfilman nasional, Menko PMK dan Menparekraf sepakat akan mendorong lahirnya film-film berbasis etnografi yang menonjolkan kebudayaan berbagai suku di Indonesia.

 

Saksikan video menarik berikut ini:


Tak Ada Mudik, Menparekraf Sandiaga Uno Perbolehkan Jika Staycation