Dituding Larang Pengibaran Merah Putih Di PIK, Kapolres Jawab Begini

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Dituding Larang Pengibaran Merah Putih Di PIK, Kapolres Jawab Begini


JawaPos.com – Polres Metro Jakarta Utara membantah melarang ormas Laskar Merah Putih (LMP) mengibarkan bendera Merah Putih di Pantai Indah Kapuk (PIK). Peristiwa yang terjadi yakni polisi mencegah terjadinya kerumunan.

“Yang kita larang itu adalah berkerumun dan kita tidak ingin terjadi klaster baru intinya seperti itu bukan kita melarang mereka mengibarkan bendera, salah,” kata Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Guruh Arif Darmawan saat dihubungi, Kamis (19/8).

Guruh menuturkan, pengibaran bendera di PIK dinilai bisa memicu kerumuman. Sebab, saat itu, banyak anggota ormas yang berkumpul melaksanakan kegiatan tersebut.

“Kalau mereka mengibarkan bendera di situ kan pasti terjadi kerumunan, nah ini yang kita tidak inginkan. Saat ini Jakarta penularannya kan sudah turun, jangan sampai nanti ada kumpul di situ akhirnya naik lagi, repot lagi nanti, kita antisipasi,” jelasnya.

Atas dasar itu, Guruh membantah kabar di media sosial yang menyatakan polisi melarang pengibaran bendera Merah Putih di PIK. “Kita luruskan bahwa itu tidak benar,” pungkas Guruh.

Sebelumnya, viral sebuah video pendek di media sosial yang menyebutkan jika terdapat pelarangan pengibaran bendera Merah Putih di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara dalam perayaan HUT RI ke-76. Bahkan area PIK turut dijaga oleh aparat TNI-Polri.

Akun twitter @IrutPagut sempat membagikan video kondisi di area menuju PIK. Dalam video terlihat jika banyak anggota TNI-Polri yang berjaga. Ada pula banyak anggota ormas Laskar Merah Putih (LMP) yang tertahan di jalanan karena tidak diizinkan mengibarkan bendera Merah Putih di PIK.

“Cuma mau mengambil foto sampai disediakan polisi sekian banyak, LMP tidak boleh menggelar bendera merah putih. Ya inilah bangsa kita saat ini jadi seperti kayak gini,” ucap seorang lelaki dalam video tersebut.


Dituding Larang Pengibaran Merah Putih Di PIK, Kapolres Jawab Begini