Vaksinasi Covid-19 Capai Target, Singapura Buka Perjalanan Akhir Tahun

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Vaksinasi Covid-19 Capai Target, Singapura Buka Perjalanan Akhir Tahun


JawaPos.com – Perdana Menteri Lee Hsien Loong yakin Singapura akan mulai membuka kembali perbatasannya pada akhir tahun karena lebih banyak negara yang berusaha mencapai kekebalan kawanan atau herd immunity. Tentunya dengan meningkatkan upaya vaksinasi melawan infeksi Covid-19.

Singapura selama ini melarang perjalanan rekreasi, tetapi telah memberlakukan beberapa program perjalanan bisnis dan resmi. Singapura juga mulai membahas dan mempertimbangkan sertifikat vaksin sebagai syarat perjalanan dengan negara lain.

“Saya berharap jika banyak negara dapat memiliki proporsi yang substansial dari populasi mereka yang divaksinasi pada akhir tahun ini, kami akan dapat memiliki kepercayaan diri dan telah mengembangkan sistem untuk membuka perbatasan internasional kami agar dapat melakukan perjalanan dengan aman lagi,” kata Lee dalam sebuah pernyataan wawancara dengan BBC.

Baca juga: Ahli Singapura: Setelah 12 Hari Disuntik Vaksin Pfizer, Kebal Covid-19

“Mudah-mudahan akhir tahun ini atau tahun depan pintu sudah bisa dibuka, kalau tidak lebih awal,” ujarnya seperti dilansir dari AsiaOne, Selasa (16/3).

Singapura telah mengendalikan situasi Covid-19 dengan beberapa kasus lokal baru. Singapura juga sudah menjalani program vaksinasi, setelah menyetujui suntikan dari Pfizer-BioNTech dan Moderna.

Pada 8 Maret, negara berpenduduk 5,7 juta orang telah memberikan lebih dari 611.000 dosis vaksin. Kecepatan yang jauh lebih lambat dibandingkan dengan negara-negara yang lebih besar. Tetapi pihaknya berencana untuk memvaksinasi semua orang pada akhir tahun.

Lee mengatakan pihaknya terus membujuk penduduknya agar bersedia divaksin. Beberapa ragu karena risiko infeksi yang rendah dan kekhawatiran tentang kemungkinan efek samping dari vaksin. Singapura juga telah menerima vaksin Sinovac Tiongkok namun belum ada persetujuan. Lee mengatakan Singapura sedang mengevaluasi vaksin itu dan akan menggunakannya jika lolos standar keamanan dan efektivitas.

Saksikan video menarik berikut ini:


Vaksinasi Covid-19 Capai Target, Singapura Buka Perjalanan Akhir Tahun