Yoni Unik Berukuran Besar Ditemukan di Mungkid Magelang

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Yoni Unik Berukuran Besar Ditemukan di Mungkid Magelang


JawaPos.com–Batu yoni unik berukuran besar dan sebuah lingga ditemukan di lahan warga Dusun Culengan, Desa Gondang, Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Yoni dan lingga tersebut ditemukan di lahan milik pasangan Wahyanto, 83, dan C. Suprijati, 71.

Kepala Sub Kelompok Pengamanan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jateng Harun Al Rosyid seperti dilansir dari Antara di Magelang mengatakan, yoni tersebut unik karena di bagian cerat (corong) ada hiasan nandi atau sapi berdiri utuh.

Yoni tersebut ditemukan terpendam di belakang rumah dengan kedalaman sekitar 1,5 meter dengan posisi miring. Sedangkan penutupnya atau lingga berada di dekat kolam ikan di belakang rumah.

”Saya baru kali ini menemukan cerat yang ada nandi-nya,” ujar Harun.

Menurut dia, saat ini, BPCB Jateng masih melakukan kajian terhadap yoni maupun lingga tersebut. Termasuk rencana penyelamatan maupun pengamanan ke depannya.

Berdasar pengukuran yang dilakukan, alas yoni berukuran 146 x 146 sentimeter. Kemudian tingginya 130 sentimeter, atas 127 x 127 sentimeter, panjang cerat 64 sentimeter, lebar cerat 39 sentimeter, tinggi ceratnya 35 sentimeter.

Sementara itu, Suprijati menuturkan dulu waktu rumah itu masih lahan sawah, ketika dibajak, ujung bajak mengenai batu, kemudian digali kelihatan besar. Namun keberadaan batu tersebut, lama kelamaan terpendam dan semakin ambles.

”Dulu pernah ada dari purbakala yang datang ke sini, kemudian sekitar dua minggu yang lalu digali lagi,” ujar Surijati.

Saksikan video menarik berikut ini:


Yoni Unik Berukuran Besar Ditemukan di Mungkid Magelang