Dinkes Banjarmasin Sebut Target Vaksinasi Lansia Melambat

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Dinkes Banjarmasin Sebut Target Vaksinasi Lansia Melambat


JawaPos.com–Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Machli Riyadi mengungkapkan, target vaksinasi Covid-19 bagi warga lanjut usia (lansia) di daerahnya melambat. Saat ini, baru tercapai sekitar 6.000 orang.

Menurut Machli Riyadi, vaksinasi Covid-19 bagi warga lansia terkendala administrasi dan kondisi kesehatan penerima yang tidak bisa divaksinasi. Padahal, target vaksinasi bagi lansia pada program vaksinasi tahap ke-2 digabungkan dengan pelayanan publik sebanyak 23 ribu.

”Saat ini gabungan lansia dan pelayanan publik itu baru tercapai 16 ribu. Pergerakan vaksinasi bagi lansia ini agak melambat, sebab kendala-kendala yang tidak bisa dihndari,” ujar Machli Riyadi.

Selain itu, lanjut dia, banyaknya berita yang kurang baik atau tidak mendukung program vaksinasi Covid-19. Sehingga minat lansia untuk disuntik vaksin jadi berkurang di puskesmas.

”Kita harap keluarga yang di rumahnya ada lansia, segera membawa mereka ke puskesmas untuk divaksinasi, karena langkah ini untuk menjaga mereka dari tertular Covid-19,” tutur Machli Riyadi.

Pihaknya terus berupaya memenuhi sasaran untuk vaksinasi Covid-19 bagi lansia. Machli Riyadi menyatakan fokus dialihkan kepada para pelayanan publik.

”Sebenarnya untuk pelayanan publik ini sudah hampir mencapai target, karena untuk lansia melamban, difokuskan ke pelayanan publik lagi,” papar Machli Riyadi.

Dia memastikan vaksin yang ada baru akan kedaluwarsa hingga Juni. ”Jadi masih aman,” ucap Machli Riyadi.

Sementara itu, untuk kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Banjarmasin sesuai data Satgas Covid-19 Provinsi Kalsel, hingga Jumat (2/4), total sudah sebanyak 7.582 kasus. Yang sudah sembuh sebanyak 6.338 orang dan meninggal dunia sebanyak 194 orang.

Saksikan video menarik berikut ini:


Dinkes Banjarmasin Sebut Target Vaksinasi Lansia Melambat