Kawah Ijen Dibuka untuk Wisatawan Mancanegara

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Kawah Ijen Dibuka untuk Wisatawan Mancanegara


JawaPos.com – Setelah sempat dibatasi hanya untuk wisatawan lokal, Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen akhirnya kembali dibuka normal. Mulai dini hari tadi (3/4), para wisatawan mancanegara (wisman) sudah kembali diperbolehkan masuk dan mendaki. Aturan tersebut dikeluarkan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jatim melalui Surat Edaran Nomor 475/K2/BIDTEK.1/KSA/3/2021 tentang pembukaan TWA Kawah Ijen pada kondisi new normal untuk wisatawan asing.

Kepala Seksi Konservasi BBKSDA Jatim Wilayah Banyuwangi Purwantono membenarkan hal itu. ”Sudah diperbolehkan sejak Sabtu (3/4) pukul 03.00 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” katanya.

Sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam surat dari BBKSDA Jatim, semua WNA pemegang visa atau izin tinggal yang sah di Indonesia diperkenankan datang ke Ijen. Para wisatawan asing yang akan berkunjung ke Ijen tetap harus melakukan booking seperti wisatawan pada umumnya.

Kuotanya pun tidak berubah, 300 orang saat weekday dan 450 orang ketika weekend. Yang membedakan, sebelumnya kuota tersebut hanya bisa diakses wisatawan lokal dan domestik. Tapi kini sudah bisa diakses semuanya.

Untuk persiapan, jelas Purwantono, para petugas BBKSDA dibantu relawan kembali menggelar Ijen Rijig yang diadakan setiap Jumat pertama pada setiap bulan. Terkait target dari BBKSDA, Purwantono mengatakan bahwa pihaknya tidak muluk-muluk.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Tak Tanggung Biaya Kesehatan Pasien Kategori Ini

”Yang kami sasar terutama wisatawan yang selama ini bermukim di Bali. Ini upaya kami untuk mengakomodasi mereka,” jelasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:


Kawah Ijen Dibuka untuk Wisatawan Mancanegara