PSIS vs PSM Makassar, Sama-Sama Siap Adu Penalti

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

PSIS vs PSM Makassar, Sama-Sama Siap Adu Penalti


JawaPos.com – Memperbanyak porsi latihan bola-bola mati jadi pilihan PSIS Semarang dan PSM Makassar yang akan membuka babak delapan besar Piala Menpora malam ini. Termasuk tendangan penalti.

Sebab, tak ada perpanjangan waktu di fase gugur tersebut. Kalau 2 x 45 menit pertandingan berakhir imbang, langsung adu penalti. Jadi, mempersiapkan diri sebaik mungkin di babak “tos-tosan” itu adalah pilihan terbaik.

“Ya banyak set piece dan latihan tendangan penalti karena ini sistem gugur,” kata Dragan Djukanovic, pelatih PSIS, dalam jumpa pers kemarin mengenai porsi latihan tim asuhannya.

PSM Makassar. (Dok. Jawa Pos)

Hal senada dilakukan PSM. Malah, pelatih PSM Syamsuddin Batolla sesumbar, jika memang harus adu penalti, skuadnya sudah siap 100 persen. ’’Kami dari jauh-jauh hari sudah melakukan persiapan. Saya juga sudah mempersiapkan itu, melatih kiper juga,’’ paparnya.

Peraturan di babak delapan besar tersebut sudah tertuang dalam regulasi Piala Menpora 2021. Tepatnya pasal 7 terkait durasi pertandingan. Tepatnya No 2 (a) yang disebutkan durasi pertandingan perempat final dan perebutan tempat ketiga jika waktu normal (90 menit) berakhir imbang, dilanjutkan dari titik penalti.

Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita mengungkapkan, pihaknya membuat regulasi pasal 7 tersebut dari hasil manager meeting. Artinya, kesepakatan yang dibuat merupakan persetujuan dari 17 klub peserta Piala Menpora 2021. ’’Ya memang akan langsung adu penalti tanpa babak perpanjangan waktu,’’ jelasnya.

Baca juga: Piala Menpora 2021, Bertemu Karib di Perempat Final

Alasannya sederhana, Lukita tidak ingin pemain kelelahan. Menurut dia, tidak ada sepak bola selama setahun membuat kondisi fisik para pemain belum sempurna. Jika dipaksakan ada perpanjangan waktu setelah 2 x 45 menit berakhir imbang, risiko cedera kian besar. ’’Itu juga alasannya kenapa ada cooling break (selama fase grup),’’ ungkapnya.

Saksikan video menarik berikut ini:


PSIS vs PSM Makassar, Sama-Sama Siap Adu Penalti