Bupati Bogor Tegur Disdik karena Ada Sekolah Tak Terapkan Prokes

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Bupati Bogor Tegur Disdik karena Ada Sekolah Tak Terapkan Prokes


JawaPos.com–Bupati Bogor Ade Yasin menegur Dinas Pendidikan (Disdik) lantaran ada sekolah yang tidak menerapkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 dalam pembelajaran tatap muka (PTM).

”Tolong telusuri masalah ini dari ujung ke ujung siapa tahu ada sekolah yang sudah buka tanpa mematuhi protokol kesehatan yang ketat,” ungkap Ade Yasin seperti dilansir dari Antara di Cibinong, Bogor.

Pasalnya, dia mendapati sekolah yang melaksanakan PTM, siswa-siswanya tidak menerapkan protokol kesehatan saat menuju lokasi Rebo Keliling di kantor Kecamatan Pamijahan pada Rabu (7/4).

”Saya lihat ada SD di Kecamatan Pamijahan yang sudah melakukan aktivitas sekolah, siswanya sudah mengenakan seragam merah putih, yang mengkhawatirkan adalah anak-anaknya tidak menggunakan masker,” terang Ade Yasin yang juga ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor itu.

Menurut dia, selama masa uji coba PTM, murid tidak boleh membeli makan atau jajan di luar sekolah. Sehingga, siswa diimbau membawa makan dan minum dari rumah. Kemudian, pembelajaran dilakukan hanya dalam waktu sekitar dua jam dan siswa diwajibkan pulang ke rumah masing-masing.

”Sehingga tidak ada aktivitas lain di sekolah maupun di sekitar sekolah selama PTM,” ucap Ade Yasin.

Ade Yasin menyebutkan, uji coba PTM terbatas yang dilakukan mulai 9 Maret–10 April didasari tiga landasan hukum, yaitu SKB Tiga Menteri Nomor 516 Tahun 2020, Perbup Bogor Nomor 60 Tahun 2020, dan Perbup Bogor Nomor 15 Tahun 2021.

Sebanyak 170 sekolah dari 232 sekolah yang mengajukan pembelajaran tatap muka itu terdiri atas 29 SD negeri, 24 madrasah ibtidaiah (MI), 28 SMP, 18 madrasah tsanawiyah (MTs), tujuh madrasah aliyah (MA), 32 SMA, dan 32 SMK.

Ade Yasin menambahkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Dinas Pendidikan (Disdik) telah menyediakan 11 poin petunjuk teknis protokol kesehatan bagi 170 sekolah yang menggelar PTM.

Saksikan video menarik berikut ini:


Bupati Bogor Tegur Disdik karena Ada Sekolah Tak Terapkan Prokes