Indonesia Bisa Hadapi Krisis Covid-19 Seperti 3 Negara Ini

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Indonesia Bisa Hadapi Krisis Covid-19 Seperti 3 Negara Ini


JawaPos.com – Tiga negara mengalami lonjakan kasus Covid-19 secara drastis. Yaitu India, Brasil, dan Turki. Masyarakat Indonesia diminta tidak santai dan lengah menghadapi Covid-19. Sebab tak menutup kemungkinan Indonesia bisa seperti ketiga negara itu.

Hal itu diungkapkan Juru Bicara Pemerintah Untuk Covid-19 Prof Wiku Adisasmito. Kasus dunia, kata dia, saat ini disumbang oleh 3 negara ini.

“Sebagai gambaran pada 21 April 2021 terjadi lonjakan disumbangkan dari India, Brasil, Turki. Tren perkembangan kasus global penting kita perhatikan sebagai bahan refleksi dalam usaha penanganan Covid-19 di Indonesia. Brasil merupakan negara dengan jumlah penduduk yang paling dekat dengan Indonesia,” kata Prof Wiku dalam konferensi pers, Kamis (22/4).

Baca Juga: Menkes: Indonesia Bisa Darurat Covid-19 Mirip India

Di Indonesia sendiri saat ini, lanjutnya, penambahan kasusnya berkisar 4 ribu sehari. Ia meminta masyarakat bahu membahu menaati protokol kesehatan.

“Tidak menutup kemungkinan kita bisa mengalami lonjakan kasus yang sigifikan dan berpotensi fatal. sebagai negara dengan penduduk terbanyak ke-4, Indonesia harus bisa dalam menekan laju penularan sehingga dapat dilihat sebagi kontribusi positif dalam masyarakat global,” katanya.

Prof Wiku meminta masyarakat juga diharapkan dapat menaati aturan yang dibuat pemerintah dalam penanganan Covid-19. Sebagai catatan, adanya aturan terkait peniadaan mudik.

Sebab, tren perkembangan kasus pada periode libur panjang, sepanjang 2020-2021 berdampak pada kenaikan kasus Covid-19 di Indo 93 persen. Kemudian pada libur di kemerdekaan RI kasus meningkat 58-119 persen, maulid 37-95 persen, dan libur Natal Tahun Baru kasus nail 37-78 persen.

“Peningkatan ini diakibatkan mobilitas penduduk ini, cukup jadi peringatan keras bagi Indonesia, yaitu kita pernah menghadapi keadaan di mana RS rujukan penuh, dan kasus meningkat tajam bahkan mencapai 10 ribu kasus per hari. Pengalaman membuat kita harus terus belajar,” ujarnya.

“Hal ini harus terus kita upayakan, mobilitas penduduk setidaknya dapat terminimalisir. Saya sangat berharap masyarakat dapat bijak dalam merayakan Idul Fitri yang akan datang,” tegasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:


Indonesia Bisa Hadapi Krisis Covid-19 Seperti 3 Negara Ini