Keren! Ribuan UMKM Ikuti Expo Virtual BCA

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Keren! Ribuan UMKM Ikuti Expo Virtual BCA


JawaPos.com – Ribuan UMKM antusias mengikuti BCA UMKM Fest. Kegiatan pameran offline to online itu menghadirkan 6.000 lebih produk unggulan.

Rangkaian kegiatan BCA UMKM Fest itu diawali itu dengan Virtual Press Conference pada Kamis (15/4/2021). Virtual Press Conference itu dihadiri Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, Direktur BCA Santoso Liem, EVP Commercial & SME BCA sekaligus Ketua Panitia BCA UMKM Fest Freddy Iman, dan EVP Secretariat & Corporate Communication BCA Hera F. Haryn.

Selain itu turut hadir pula Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, dan Anggota Komisi XI DPR Indah Kurnia.

Adapun BCA UMKM Fest yang digelar PT Bank Central Asia Tbk (BCA) ini dalam upaya meneguhkan semangat Senantiasa di Sisi Anda.

Sementara untuk online, festival itu digelar di umkmfest.bca.co.id pada 16 April hingga 8 Mei 2021.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, sebagai institusi keuangan yang lekat dengan masyarakat, BCA berkomitmen untuk memberikan nilai tambah bagi UMKM yang merupakan salah satu pendorong pergerakan ekonomi nasional. Maka dari itu, BCA menyediakan ruang berkarya bagi pegiat UMKM melalui BCA UMKM Fest.

“Selain memberikan tempat untuk memasarkan produk unggulannya melalui platform digital yang kami siapkan, BCA juga memberikan pendampingan melalui beragam webinar, mentoring, hingga sesi Business Matching yang membuka kesempatan pegiat UMKM untuk melakukan ekspor. Kami sungguh berharap, produk UMKM tidak hanya menjadi tuan rumah di negeri sendiri, tapi juga mampu menembus pasar internasional,” ujar Jahja.

Untuk Business Matching, BCA bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI), International Trade Promotion Center, dan Bank Koresponden untuk menghadirkan calon buyer yang berasal dari 30 negara.

Jahja menyebut, saat ini 80 seller BCA siap untuk ekspor. Nantinya para UMKM siap ekspor melakukan pertemuan dan diskusi bisnis dalam sesi tersebut. Tak hanya itu, dalam webinar dengan topik UMKM siap ekspor, para peserta akan mendapatkan edukasi dan pelatihan sebagai bekal menjadi eksportir andal dari narasumber kredibel.

Selain memberikan nilai tambah bagi merchant peserta dari pegiat UMKM, pengunjung dapat mengeksplorasi lebih dari 18.000 produk unggulan dari 1.700 merchant peserta. Semua itu meliputi lebih dari 7.500 produk food & beverage, 5.800 produk fashion, 1.500 produk hobi, 1.300 produk kesehatan dan kecantikan, 400 produk aksesoris dan perhiasan, dan masih banyak produk menarik lainnya.

Baca juga: BCA Luncurkan Festival Virtual BCA UMKM Fest

Selain itu, pengunjung juga dimanjakan dengan potongan harga, program lelang, dan subsidi ongkir.

Jahja menegaskan pentingnya posisi UMKM bagi Indonesia. Itu terlihat dari besarnya jumlah tenaga kerja yang terserap di sektor tersebut. Berdasar data Kementerian Koperasi dan UKM, hingga 2018 lalu terdapat 116,97 juta orang atau 98 persen tenaga kerja berkegiatan di sektor UMKM.

Sementara itu, UMKM berkontribusi 61,07 persen pada PDB. Komitmen BCA dalam mengembangkan UMKM agar semakin tumbuh dan berdaya saing ini, selaras dengan percepatan realisasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) di Indonesia.

“BCA mendukung penuh peran UMKM dalam misi membangkitkan perekonomian Indonesia. Karena keterbatasan ruang gerak yang ada saat ini, kami menghadirkan BCA UMKM Fest secara online dengan tujuan mulia yaitu untuk membangkitkan motivasi dan optimisme penggiat UMKM di Indonesia, serta mempercepat realiasi SDGs,” tutup Jahja.


Keren! Ribuan UMKM Ikuti Expo Virtual BCA