Masuk Tanpa Dokumen, PNG Deportasi Gubernur Papua

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Masuk Tanpa Dokumen, PNG Deportasi Gubernur Papua


JawaPos.com–Gubernur Papua Lukas Enembe mengakui telah masuk ke wilayah Papua Nugini (PNG) melalui jalan tikus dan kembali ke Jayapura melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw pada Jumat (2/4).

”Memang benar saya ke Vanimo (31/3) melalui jalan setapak dengan menggunakan ojek untuk berobat,” kata Gubernur Enembe seperti dilansir dari Antara, di PLBN Skouw, Jayapura.

Selama di Vanimo, menurut gubernur, dia berobat dan melakukan terapi akibat sakit yang dideritanya.

”Saya memang salah karena masuk PNG melalui jalan tradisional atau jalan setapak namun itu dilakukan karena terpaksa yakni untuk berobat dan terapi akibat sakit yang saya alami,” kata Lukas Enembe.

Konsul RI di Vanimo Allen Simarmata mengatakan, baru mengetahui keberadaan Gubernur Papua Lukas Enembe pada Kamis (1/4) dengan alasan mau berobat.

”Memang ada menerima laporan yang menyatakan Gubernur Enembe ke Vanimo untuk berobat dan masuk secara ilegal melalui jalan setapak,” kata Allen Simarmata.

Gubernur Lukas Enembe yang selama berada di Vanimo didampingi Hendrik Abidondifu dijemput Konsul PNG untuk Konsul Jenderal Papua New Guinea Mr. Geoffrey. L. Wiri. Saat kembali ke Jayapura, Gubernur Enembe diantar Konsul RI di Vanimo, PNG, Allen Simarmata hingga ke zona netral RI-PNG.

Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkumham Papua Novianto Sulastono mengakui Papua Nugini telah mendeportasi Gubernur Papua Lukas Enembe beserta dua orang pendamping yang masuk ke wilayah PNG secara ilegal (tanpa dokumen).

”Memang benar Gubernur Enembe beserta dua orang pendampingnya dideportasi, sehingga Konsulat RI di Vanimo mengeluarkan surat pengganti laksana paspor (SPLP),” terang Novianto.

Kasus masuknya Gubernur Enembe ke Vanimo saat ini masih didalami Kanim Jayapura.

”Kasusnya masih didalami Imigrasi Jayapura,” ucap Sulastono seraya menambahkan Imigrasi Jayapura saat ini sudah menahan SPLP Gubernur Lukas Enembe bersama dua pendampingnya.

Pemulangan Gubernur Papua Lukas Enembe dari Vanimo, PNG, diantar Konsul RI di Vanimo Allen Simarmata, setibanya di zona netral dijemput Konsul Jenderal Papua New Guinea Geoffrey. L. Wiri, dan Kepala Badan Urusan Perbatasan dan Kerja sama Luar Negeri Pemprov Papua Suzana Wanggai.

Saksikan video menarik berikut ini:


Masuk Tanpa Dokumen, PNG Deportasi Gubernur Papua