Pasangan Adik-Kakak di Persebaya, Dingin saat Latihan, Hangat di Luar

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Pasangan Adik-Kakak di Persebaya, Dingin saat Latihan, Hangat di Luar


JawaPos.com – Masuknya Marselino Ferdinan membuat Persebaya Surabaya identik dengan klub ’’keluarga’’. Pemain 16 tahun itu merupakan adik kandung dari winger Oktafianus ’’Ofan’’ Fernando.

Ofan-Marsel jadi pasangan keluarga kedua dalam tim. Sebelumnya, ada duet bapak-anak Bejo Sugiantoro dan Rachmat Irianto.

Satu tim dengan sang kakak sempat membuat Marsel canggung. ’’Agak sungkan. Kalau latihan agak takut-takut juga,’’ kata pemain yang mendapat panggilan dari timnas U-19 itu kepada Jawa Pos.

Selama latihan, Ofan memang sangat cuek dengan sang adik. Keduanya malah jarang berinteraksi. Ofan ogah memanjakan Marsel. Sang adik diminta untuk berjuang keras dalam latihan.

’’Kalau pas latihan, saya profesional. Saya anggap dia (Marsel) sama dengan pemain muda lainnya, seperti Akbar (Firmansyah),’’ terang Ofan kepada Jawa Pos.

Marsel merasakan benar bagaimana cueknya Ofan saat latihan. ’’Kakak kalau di latihan itu nggak mau terlalu dekat sama saya. Katanya biar saya adaptasi sama yang lain. Intinya disuruh mandiri,’’ ungkap pemain kelahiran 9 September 2004 itu.

Marsel mengaku proses adaptasi berjalan lancar. ’’Karena di sini (Persebaya) kebersamaannya bagus. Nggak ada senior-junior, semua saling bantu,’’ tambahnya.

Beruntung, sikap dingin Ofan itu hanya terjadi di lapangan. Di hotel, hubungan keduanya sangat hangat. Ofan malah sering memberikan wejangan kepada sang adik. Termasuk mengingatkan bahwa Marsel sempat melakukan kesalahan saat latihan.

’’Saya kasih masukan bagaimana main sama pemain senior. Harus cepat ambil keputusan. Ibaratnya, saya ingin Marsel ini naik kelas,’’ jelas bapak satu anak itu.

Ofan tidak ingin Marsel bermain seperti saat membela timnas kelompok usia. Sebab, persaingan di tim senior lebih keras. Belum lagi Marsel harus bisa menjaga posisinya di timnas aman. ’’Jangan mau jadi pemain yang biasa-biasa saja. Saya ingin prestasi Marsel ini bisa lebih baik dari kakaknya,’’ harap Ofan.

Ofan tidak segan memberikan ilmu baru. Meski, keduanya sama-sama berposisi sebagai winger. Tidak jadi masalah jika keduanya harus bersaing.

’’Saya serahkan semua itu ke pelatih,’’ kata Ofan. Bagaimana dengan Marsel? ’’Ya nggak masalah. Kami bersaing juga dengan cara yang positif. Yang jelas, saya masih harus banyak belajar dari kakak,’’ terang Marsel.

Sejauh ini, baru Ofan yang sudah diturunkan. Dia tampil dalam dua laga awal Persebaya di Piala Menpora 2021. Sayang, Marsel malah belum pernah tampil.

Dia masih kalah bersaing dengan M. Supriadi ataupun Akbar Firmansyah yang lebih senior. Soal belum tampilnya Marsel, pelatih Persebaya Aji Santoso punya alasan. ’’Saya masih menunggu timing yang tepat untuk menurunkan Marsel. Jangan sampai dia turun dalam kondisi down,’’ ucap Aji kepada Jawa Pos. 


Pasangan Adik-Kakak di Persebaya, Dingin saat Latihan, Hangat di Luar