Pemprov Jatim Gelar Megengan Sambut Ramadhan dan Doa Korban Gempa

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Pemprov Jatim Gelar Megengan Sambut Ramadhan dan Doa Korban Gempa


JawaPos.com–Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggelar tradisi megengan menyambut datangnya Ramadan 1442 Hijriah. Kegiatan itu juga sekaligus doa bersama untuk korban gempa di wilayah tersebut.

”Tahun ini, Ramadan tak hanya masih pandemi Covid-19, tapi Jatim juga baru dilanda musibah gempa di Malang yang dampaknya ke beberapa daerah,” ujar Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak seperti dilansir dari Antara di sela megengan dan doa bersama di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Minggu (11/4) malam.

Wagub mengajak masyarakat khususnya umat Islam, tak berhenti mendoakan agar warga Jatim selalu diberi keselamatan dan dijauhkan dari segala musibah. Emil Dardak turut prihatin atas gempa bumi yang melanda Kabupaten Malang pada Sabtu (10/4) siang dan mengucapkan duka cita atas meninggalnya sejumlah korban jiwa akibat peristiwa tersebut.

”Semoga almarhum dan almarhumah husnul khotimah, dosanya diampuni Allah SWT serta diberi tempat layak di surga. Kepada keluarga yang ditinggalkan juga mendapat kesabaran, ketabahan, dan kekuatan,” ucap Emil Dardak.

Emil Dardak memimpin tradisi megengan dan doa bersama mewakili Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang sedang meninjau lokasi bencana di Kabupaten Malang dan Lumajang. ”Ibu Gubernur saat ini bermalam di Lumajang untuk memastikan kondisi pascagempa. Semoga Ibu Gubernur selalu diberi kesehatan selama bertugas,” tutur Emil Dardak yang juga Plt Ketua Partai Demokrat Jatim tersebut.

Sementara itu, pada tradisi megengan, Wagub Jatim mengunduh gunungan kue apem yang secara simbolis diserahkan kepada Pengasuh Pondok Pesantren An-Nur 1 Bululawang, Kabupaten Malang, KH Ahmad Fahrur Rozi mewakili ulama.

Megengan, menurut Emil, tradisi yang merupakan akulturasi budaya lokal dan Islam, bahkan terjaga hingga saat ini, sekaligus pertanda menyambut datangnya bulan suci. Pada kesempatan tersebut, bertindak sebagai penceramah adalah KH Ahmad Fahrur Rozi dan doa bersama dipimpin KH Ahmad Muzakki Al Hafidz yang sehari-hari adalah imam besar Masjid Al Akbar Surabaya.

Hadir sejumlah perwakilan pejabat Forkopimda Jatim dan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov Jatim. Acara itu juga diikuti secara daring oleh sejumlah kepala daerah.

Saksikan video menarik berikut ini:


Pemprov Jatim Gelar Megengan Sambut Ramadhan dan Doa Korban Gempa