Platform E-Commerce Ini Bidik Layanan untuk UMKM Usai Akuisisi Orami

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Platform E-Commerce Ini Bidik Layanan untuk UMKM Usai Akuisisi Orami


JawaPos.com – Perusahaan E-Commerce enabler Sirclo mengumumkan akuisisi atas Orami, salah satu platform parenting terbesar di Indonesia. Platform tersebut diketahui memiliki strategi yang menggabungkan Commerce, Content, dan Community dalam satu aplikasi.

Kedua perusahaan memanfaatkan kekuatannya di bidang teknologi guna menyediakan layanan digital dari hulu ke hilir (end-to-end) kepada brand dari berbagai skala yang semakin komprehensif guna meningkatkan visibilitas, memperluas kategori produk, hingga menjangkau konsumen lebih banyak.

Melalui akuisisi ini, brand yang bekerja sama dengan Sirclo dapat fokus pada aspek strategis bisnis saat terjun ke kanal E-Commerce dan menyerahkan pengelolaan penjualannya kepada Sirclo melalui solusi omnichannel yang dihadirkan khususnya menarget para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau UMKM.

Kesepakatan ini diklaim telah menggabungkan dua perusahaan yang sudah melayani lebih dari 100.000 brand dari skala UMKM hingga multinasional, serta menjangkau jutaan konsumen di 34 provinsi Indonesia. Brian Marshal, Founder dan Chief Executive Officer (CEO) Sirclo mengatakan, aksi korporat ini dapat memperluas layanan enabler yang ditawarkan oleh Sirclo untuk pemilik merek yang ingin memasuki pasar online.

“Orami memiliki situs belanja online yang memfasilitasi brands ternama dalam menjual produk kebutuhan ibu dan anak. Di sini, kami punya misi untuk menggabungkan kekuatan dalam membantu brands berjualan online dengan lebih strategis, terukur dan efisien,” ungkap Marshal melalui keterangan tertulisnya.

Seperti diketahui, Sirclo membantu brand berjualan online melalui ragam solusi, seperti Sirclo Store bagi UMKM dan Sirclo Commerce bagi enterprise brand untuk memasuki jalur distribusi online. Pada tahun 2020, Sirclo mengklaim telah mencatat lonjakan transaksi hingga empat kali lipat yang didukung oleh perubahan perilaku konsumen selama pandemi Covid-19.

Sebagai E-Commerce produk ibu dan anak pertama dan terbesar di Indonesia, Orami sendiri merupakan satu-satunya parenting platform yang mampu menggabungkan Commerce, Content, dan Community di dalam satu ekosistem. Orami juga menjadi E-Commerce vertical yang paling banyak dikunjungi di Indonesia.

Puluhan ribu ibu juga bergabung di komunitas Orami dan puluhan ribu artikel terkait pengasuhan anak, gaya hidup, dan rumah tangga tersedia di aplikasi Orami. Komunitas dan model distribusi yang kuat dari Orami akan melengkapi strategi omnichannel yang ditawarkan lini bisnis Sirclo.

Sirclo mengklaim memiliki kapabilitas teknologi serta infrastruktur untuk memperkuat kemampuan layanan enabler bagi pemilik merek dari kategori tersebut serta menjembatani brands dengan cakupan konsumen mass-affluent secara lebih luas lagi.

Kehadiran Orami menjadi perpanjangan upaya untuk mewujudkan misi tersebut, dengan kekuatan pada jaringan komunitas ibu yang aktif berbelanja kebutuhan parenting melalui E-Commerce. Melalui jaringan sosial ini, Sirclo dan Orami bermisi mendongkrak potensi social commerce untuk memberdayakan mompreneurs berbisnis serta memiliki penghasilan tambahan dengan cara menjual ragam produk dalam platform Orami ke komunitas sekitar.

“Kami melihat sinergi ini sebagai peluang yang sangat besar untuk mengakselerasi pertumbuhan Orami, serta di saat yang sama, juga dapat terus mengakomodasi kebutuhan brands maupun konsumen. Kemampuan Orami menjangkau konsumen secara luas selaras dengan yang selama ini telah dilakukan Sirclo sebagai E-Commerce enabler dengan infrastruktur dan jaringan ritel yang kuat,” ujar Ferry Tenka, CEO Orami dalam kesempatan yang sama.

Sementara itu, Willson Cuaca, Co-Founder dan Managing Partner di East Ventures menyebut, akuisisi Orami oleh Sirclo adalah langkah strategis yang akan mengakselerasi kemampuan Sirclo untuk melayani brand owner dan UMKM dengan lebih baik. “Sirclo berada di waktu dan posisi yang tepat di kancah transformasi digital. Kami menunggu gebrakan-gebrakan dari tim gabungan ini,” jelasnya.

Secara keseluruhan, penggabungan kedua perusahaan ini dikatakan memiliki tujuan untuk menjadi motor pemberdayaan bagi brands dari berbagai skala. Brand dapat berfokus pada pengembangan produk, sedangkan Sirclo memperkuat proses penjualan end-to-end.


Platform E-Commerce Ini Bidik Layanan untuk UMKM Usai Akuisisi Orami