Realme Buds Air 2, Unggulkan Fitur Canggih ANC, Pertama di Kelasnya

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Realme Buds Air 2, Unggulkan Fitur Canggih ANC, Pertama di Kelasnya


JawaPos.com – Bersamaan dengan peluncuran smartphone terbaru Realme 8 Series yang mengunggulkan kualitas kamera 108 MP di segmen terjangkau, tak ketinggalan Realme turut mengungkap perangkat teknologi lainnya. Realme mengungkap perangkat pelengkap ekosistem Internet of Thing’s (IoT)-nya yakni Earphone TWS (True Wireless Stereo) Buds Air 2.

Earphone TWS Realme Buds Air 2 terbaru hadir untuk rentang harga terjangkau namun tetap ingin bergaya dengan perangkat earphone TWS ini. Selain bergaya, earphone dengan jargon ‘Noise Off, Realme On’ ini juga membawa segudang fitur menarik lainnya dan diklaim terbaik di kisaran harga di bawah Rp 600 ribu salah satunya adalah fitur Active Noise Cancelling (ANC).

Fitur ANC pada perangkat earphone biasanya hadir di harga yang kurang ramah kantong. Maklum saja, fitur tersebut masih tergolong fitur canggih dengan pengaplikasiannya yang menelan biaya yang tidak sedikit bagi perangkat teknologi yang ingin menggunakannya. Berikut ulasan lengkap Realme Buds Air 2.

Kelengkapan
Sama seperti saat mengulas smartphone, untuk perangkat IoT yang kami jajal, aspek kelengkapan produk dan paket penjualan sangat penting. Ini karena seperti smartphone, perangkat IoT akan merepotkan jika paket penjualannya tak lengkap. Nah, untuk Realme Buds Air 2 sendiri di aspek ini sama seperti smartphone yang dijual Realme kebanyakan, hadir dengan boks penjualan berwarna kuning cerah.

Ukuran kemasannya masih tak lebih besar dari ukuran kotak penjualan smartphone, di dalamnya terdapat keperluan standar penunjang penggunaan perangkat.

Perangkat ini tersedia dalam dua pilihan warna yang disebut Closer Black (hitam) dan Closer White (putih). Kebetulan, perangkat yang kami miliki berwarna hitam. Untuk penamaan warnanya ini mengacu pada judul lagu Closer dari DJ kenamaan dunia The Chainsmokers. Untuk earphone TWS ini, Realme memang diketahui menggarapnya berkolaborasi dengan The Chainsmokers.

Di balik sekat penyimpanan Buds Air 2 di kotak penjualan, ada buku petunjuk pemakaian, kartu garansi, karet pengganti earpiece dan kabel USB Type-C untuk pengecasan. Realme Buds Air 2 seperti pendahulunya sudah menggunakan USB Type-C untuk kemudahan pengecasan dan kecepatan transfer daya.

Selain yang disebutkan di atas, tidak ada lagi hal lainnya di dalam kotak penjualan Realme Buds Air 2. Isi kemasan Realme Buds Air 2 yang kami sebutkan di atas memang standar isi kemasan perangkat earphone TWS di pasaran. Jadi, dengan kata lain, untuk aspek kelengkapan, Realme Buds Air 2 sudah hadir dengan sangat lengkap dan siap pakai.

Perangkat Realme Buds Air 2. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Desain
Bagi anak muda masa kini, earphone atau earbuds sudah menjadi bagian dari fashion selain fungsi utamanya misalnya mendengar musik, melakukan panggilan telepon atau bermain game. Lebih dari itu, kegunaan earphone kini juga untuk merepresentasikan individualitas, kepribadian, dan sikap melalui style fashion.

Untuk desainnya, Realme Buds Air 2 hadir dengan faktor bentuk yang menarik baik dari cangkang atau case earbuds-nya sampai ke dalam earbuds-nya sendiri. Di sisi ini, desain Buds Air 2 kini telah lebih disempurnakan.

Berat Realme Buds Air 2 saat kami timbang hanya 4,1 gram, atau lebih ringan dari selembar kertas ukuran A4. Sangat ringan hingga tak terasa ketika dipasang di telinga. Realme Buds Air 2 juga hadir dengan tiga ukuran ujung silikon yang berbeda (S/M/L), sehingga pengguna dapat memilih ukuran yang paling sesuai.

Bentuk dari Realme Buds Air 2 sendiri berdasarkan pengujian kami sudah cukup dirancang berdasarkan bentuk kanal telinga manusia. Hal terebut membuat Realme Buds Air 2 akan terasa pas di telinga, mudah dipasang, dan nyaman walau dipakai dalam waktu lama.

Casing Buds Air 2 berbentuk persegi atau square dengan ujung-ujungnya yang agak melengkung. Hampir bulat, tapi tidak benar-benar bulat. Casingnya juga dilengkapi dengan satu tombol ‘pairing’ dan lampu LED di atasnya, dekat area buka tutup kotak penyimpanan.

Lampu LED akan beralih antara merah dan hijau. Ini menyala merah dalam mode berpasangan dan hijau saat dipasangkan. Selain itu, saat baterai lemah, baterai akan menyala merah. Di bagian bawah kotak penyimpanan, ada port daya USB Type-C. Ini juga salah satu keunggulan Realme Buds Air 2 yakni hadir dengan port USB Type-C. Di bagian lainnya polos, hanya ada tulisan Realme sebagai penanda bahwa itu merupakan perangkat besutan Realme.

Setelah membuka casing, ada dua earbud Realme Buds Air 2 masing-masing menampilkan desain speaker “colok kuping” dan sensor IR. Seperti AirPods dan earbud lainnya, jadi ketika user mengeluarkan kuncup earbuds dari telinga, musik atau suara akan berhenti bermain, dan sebaliknya. Teknologi ini dinamai Realme sebagai teknologi Wear Detection untuk Play/Pause dengan mudah dan cepat.

Ketika Buds Air 2 diangkat dari kotak penyimpanannya, di bagian lain tersimpan Dual Mic for Calling dan mendukung fitur Environment Noise Cancellation (ENC) untuk meyeleksi suara sekitar yang mengganggu pengalaman penggunaan dan tentunya area batang earphone yang memiliki sensor untuk mengontrol penggunaan (Intelligent Touch Controls).

Penggunaan
Saat digunakan, Realme Buds Air 2 di samping harganya yang terjangkau, true wireless earphone ini juga nyaman digunakan terlebih berkat banyaknya fitur pelengkap yang menarik untuk harga yang dibawanya. Perangkat ini membawa banyak kemudahan dengan mendukung kontrol sentuh.

Misalnya saja ketuk dua kali untuk menjawab panggilan telepon, play/pause musik, ketuk tiga kali untuk memainkan lagu selanjutnya, tekan dan tahan di salah satu Buds untuk mengaktifkan asisten suara atau mengakhiri panggilan telepon dan memgalihkan telepon serta tekan dan tahan di kedua earbuds untuk beralih antara ANC dan Mode Transparan yang semuanya juga bisa diatur dengan mudah melalui aplikasi Realme Link App with 3 EQ Presets.

Realme Buds Air 2 memang hadir dengan Mode Transparan (Transparency Mode). Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mendengarkan suara sekitar dalam satu kali klik. Walaupun hadir dengan desain in-ear, berkat Mode Transparan ini, pengguna dapat tetap berbicara dengan orang lain tanpa melepas Ralme Buds Air 2.

Seperti di Buds Air pendahulunya adalah kemudahan pairing atau proses pemasangan yang ditawarkan. Realme Buds Air 2 sudah mengadopsi fitur Open-up Auto Connection dan Google Fast Pair. Sehingga, proses pairing Buds Air 2 dengan perangkat lainnya yang ingin digunakan menjadi mudah dan cepat. Hal tersebut berlaku untuk perangkat baru atau perangkat yang sudah pernah di-pair.

Pada bagian chipset, Realme secara eksklusif telah menyesuaikan generasi baru chip cerdas untuk mengurangi kebisingan dengan Chip R2. Keunggulan utama dari chip ini adalah kemampuannya untuk mendukung Active Noise Cancellation, yang juga disertai dengan kinerja komputasi yang fantastis, efisiensi energi yang lebih baik, koneksi yang lebih stabil, dan kualitas panggilan yang lebih tinggi.

Di atas kertas, dikatakan ada beberapa peningkatan yang mengesankan. Dibandingkan dengan Chip R1 generasi sebelumnya, daya tahan baterai telah meningkat hingga 80 persen dan latensi telah berkurang hingga 35 persen pada kondisi yang sama. Sinyal penerima dan transmisi telah ditingkatkan hingga 3 dB dan 2 dB. Chip ini juga sudah mendukung Bluetooth 5.2 yang terbaru.

Perangkat Realme Buds Air 2. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Pengalaman mendengarkan berbagai genre musik, video dan bermain game dengan Buds Air 2 terasa menyenangkan. Untuk musik, kami suka lantaran Buds Air 2 kini lebih mumpuni ketimbang pendahulunya dengan 10 mm Diamond-class Hi-Fi Driver yang digarap menggandeng DJ The Chainsmokers.

Kolaborasi ini menghasilkan sebuah diafragma karbon seperti berlian, yang biasanya hanya ditemukan di earbuds atau headphone kelas flagship dengan rentang harga Rp 2 juta hingga Rp 20 juta rupiah. Hasilnya, pengguna dapat menikmati suara dengan kualitas tinggi berkat material yang kekuatannya dapat disandingkan dengan berlian. Kekerasan, ketahanan korosi, dan karakterisktik lain dari bahan ini memberikan sensitivitas respon yang sangat baik di bagian depan dan belakang.

Secara sederhana, fitur tersebut membuat perangkat earphone ini mampu memberikan suara yang dihasilkan bisa ditelaah oleh sistem untuk kemudian disampaikan ke telinga pengguna dengan porsi yang pas namun tetap tegas. Buat yang senang karakter suara ngebass jedag jedug, perangkat ini juga mendukung kualitas tersebut. kolaborasi dengan The Chainsmokers juga meluncurkan Bass Boost+, solusi peningkatan bass yang terbaru.

Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, fitur ini dapat sepenuhnya memanfaatkan kekuatan foil dinamis dan diafragma DLC yang besar, memberikan pengalaman kekuatan bass seperti mendengarkan musik secara langsung (live). Kini pengguna dapat meningkatkan pengaturan bass untuk rekaman, music elektronik, rock, dan lainnya.

Untuk memenuhi kebutuhan anak muda yang kerap bermain games menggunakan headphone, Realme meningkatkan Game Mode dengan latensi serendah 88 ms yang diklaim paling rendah di industri ini, yang sudah direduksi hingga 35 persen dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Suara dan gambar akan semakin selaras ketika digunakan saat bermain game. Namun untuk mengaktifkan Gaming Mode, pengguna harus mengaktifkan dan mengontrolnya dengan Realme Link App.

Soal konektivitas, Buds Air 2 juga sudah mendukung generasi baru Bluetooth 5.2 memberikan koneksi yang stabil walau mengalami interfensi multi-device. Dengan jarak transmisi hingga 10 meter, pengguna dapat tetap mendengarkan musik walau sedang berjauhan dengan smartphone yang terkoneksi.

Baterai juga telah ditingkatkan secara signifikan di Realme Buds Air 2. Dengan chip realme R2 yang hemat daya, serta kapasitas baterai yang besar, Realme Buds Air 2 dapat digunakan hingga total 25 jam penggunaan.

Dengan satu kali pengisian daya, earbuds sendiri berdasarkan pengalaman kami akan dapat digunakan hingga 5 jam, atau dua jam lebih lama daripada sebelumnya, meningkat sebanyak 66.7 persen. Kapasitas baterai pada earbuds dan pod pengisiannya jika digabungkan telah meningkat dari 17 jam menjadi 25 jam peningkatan sebanyak 47 persen.

Artinya, pengguna dapat mendengarkan musik seharian. Realme Buds Air 2 juga sudah mendukung pengisian daya cepat. Dalam 10 menit pengisian, Realme Buds Air 2 dapat digunakan selama 120 menit. Terakhir, Buds Air 2 juga sudah mendukung IPX5 Water Resistance, ini artinya perangkat ini juga sudah kebal terhadap cipratan air.

Kesimpulan
Buds Air 2 cukup memuaskan. Harganya terjangkau dibanding kompetitor. Sisihkan beberapa lembar uang Rp 100 ribuan saja, Anda sudah bisa mendapatkan earphone yang kaya fitur.

Mulai dari ANC dan beberapa lagi fitur cerdas pendamping lainnya pada perangkat earphone ini sangat memudahkan dan memanjakan penggunanya. Daya tahan baterai dan ketahanan air dengan sertifikasi IPX5 Water Resistance juga menjadi nilai tambah, semakin melengkapi keunggulan earphone di rentang harga kurang dari Rp 600 ribu ini.

Realme Buds Air 2 tahan lama. Kami suka lantaran tidak perlu repot mengecas, jadi bisa diandalkan untuk menemani berbagai kegiatan sehari-hari tanpa pusing memikirkan penegcasan disamping perangkat utama lainnya seperti smartphone dan laptop.


Realme Buds Air 2, Unggulkan Fitur Canggih ANC, Pertama di Kelasnya