Tips Agar Tetap Prima dan Fokus Berkendara Saat Berpuasa

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Tips Agar Tetap Prima dan Fokus Berkendara Saat Berpuasa


JawaPos.com – Meskipun berpuasa bulan Ramadhan namun rutinitas keseharian tetap dilakukan. Ini yang biasanya menjadi alasan untuk bermalas-malasan melakukan aktivitas yang wajib dilakukan.

Meskipun dalam kondisi menahan lapar dan haus saat berpuasa bagi Anda yang sedang berkendara tetap dituntut berkonsentrasi. Akan tetapi dalam keadaan puasa dimana perut kosong sering membuat pengendara tidak berkonsentrasi.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar Anda bisa tetap berkonsentrasi ketika mengemudi saat sedang berpuasa. Karena hal ini sangat penting bagi keselamatan Anda dan orang lain.

Pertama yang harus diperhatikan adalah mengatur pola makan saat berpuasa. Sebaiknya utamakan mengonsumsi makanan yang mengandung serat dan protein saat sahur. Karena makanan tersebut akan memberikan efek kenyang yang cukup lama serta memberikan energi yang besar dan tahan lama.

Sebaiknya sangat disarankan bagi Anda yang berkendara menghindari makanan dengan kadar gula tinggi. Karena makanan itu lebih cepat diserap tubuh sehingga bisa menurunkan energi saat siang hari. Pastinya jangan lupa untuk perbanyak konsumsi air putih.

Bila nanti melakukan berbuka puasa sangat disarankan mengkonsumsi minuman dan makanan manis, hal ini untuk mengembalikan kebugaran tubuh.

Tips yang kedua, Anda yang berpuasa namun harus mengemudi disarankan untuk tetap berolahraga. Sesuaikan waktu olahraga yang tepat saat berpuasa. Misalnya jogging atau aerobik ringan sekitar 30 menit sebelum magrib.

Terpenting adalah kendalikan emosi, karena biasanya orang yang berpuasa mudah terpancing emosi. Kendalikan emosi saat berkendara, jangan mudah terpancing marah, tetap tenang dalam berbagai situasi. Salah satu cara menghibur diri dengan mendengarkan lagu kesukaan atau berbincang ringan dengan rekan semobil.

Jangan lupa atur pola istirahat, misalnya, Anda bisa memanfaatkan jam istirahat makan siang untuk tidur sejenak. Pengemudi perlu mengukur tingkat kelelahan, bila sudah terlalu lelah sebaiknya segera istirahat. Meskipun hanya 15-30 menit segera tidur jika sudah sangat lelah.

Tips yang terakhir yaitu waktu berkendara dengan menghindari jam-jam padat, misalnya dengan berangkat lebih awal. Usahakan tidak mengemudi di siang hari yang panas. Bila terpaksa, gunakan kacamata hitam agar mata tidak cepat lelah.

Begitu juga dengan watu pulang, cari waktu yang tepat karena biasanya menjelang buka puasa jalanan akan lebih macet. Hindari jalanan yang macet manfaatkan GPS dari aplikasi yang ada. Selamat berpuasa dan semoga bermanfaat.


Tips Agar Tetap Prima dan Fokus Berkendara Saat Berpuasa