Tips Bebas Konflik Selama Ramadan Agar Rumah Tangga Tetap Harmonis

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Tips Bebas Konflik Selama Ramadan Agar Rumah Tangga Tetap Harmonis


JawaPos.com – Bulan Ramadan adalah waktunya berlomba mengumpulkan amal kebaikan. Beribadah juga lebih harmonis rasanya jika dilakukan bersama pasangan saat sudah berumah tangga. Di satu sisi, pasangan suami istri juga diminta untuk mengendalikan hawa nafsunya termasuk menahan amarah dan menghindari konflik.

Pasangan yang sudah berumah tangga biasanya menjadi lebih sibuk mengatur menu untuk sahur dan berbuka, memasak, berbelanja makanan, hingga mempersiapkan kebutuhan seluruh anggota keluarga lainnya. Ditambah, di tengah kondisi pandemi, banyak aktivitas keluarga berpusat di rumah, mulai dari bekerja, bersekolah, dan beribadah.

Konsultan Pernikahan Indra Noveldy mengungkapkan pentingnya komunikasi dengan pasangan dalam berbagi peran dan tugas di rumah. Menurutnya setiap pasangan memiliki cara yang berbeda-beda dalam berbagi perannya di dalam rumah tangga.

Indra menjelaskan semua membutuhkan negosiasi dan komunikasi yang sehat. Sehingga kalaupun ada konflik, dapat diselesaikan dengan baik.

“Setiap pasangan tentunya punya keinginan untuk bisa membuat rumah tetap terasa nyaman agar ibadah Ramadan dapat berjalan dengan lancar,” ujar Indra dalam seminar virtual ‘Berkonflik Sehat dengan Pasangan’ kolaborasi GoPay bersama Parentalk baru-baru ini.

Indra berbagi tips mengatasi konflik dengan pasangan, di antaranya dengan melakukan penyederhanaan tugas-tugas di rumah. Resolusi konflik dengan pasangan membutuhkan waktu dan energi yang besar, maka dari itu sebaiknya dilakukan dalam keadaan tenang.

“Jangan sampai karena hal-hal yang bersifat teknis, seperti lupa bayar tagihan misalnya malah memicu ledakan konflik di rumah,” jelasnya.

“Dengan sudah otomatisnya urusan teknis ini, suami istri bisa lebih memfokuskan energinya untuk menyelesaikan masalah yang lebih mendasar dan membutuhkan perhatian lebih besar,” paparnya.

Baca juga: Ini Lho Tip Bersepeda Aman dan Nyaman ketika Berpuasa

Head of Marketing GoPay Fibriyani Elastria mengajak pasangan untuk saling tanggap dan sigap dengan urusan rumah tangga. Pasangan harus memiliki solusi cara cepat bebas ribet untuk membantu menyederhanakan segala urusan pembayaran sehari-hari.

“Mulai dari pembayaran tagihan bulanan seperti listrik dan paket data, belanja bulanan, pembelian makanan untuk berbuka puasa di restoran, bayar aplikasi hiburan, hingga berbelanja baju lebaran online dan membayar zakat. Dengan begitu semua masalah akan lebih praktis,” tegasnya.

 

Saksikan video menarik berikut ini:


Tips Bebas Konflik Selama Ramadan Agar Rumah Tangga Tetap Harmonis