Cegah Mudik, Polisi Siapkan 14 Titik Penyekatan dan 17 Checkpoint

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Cegah Mudik, Polisi Siapkan 14 Titik Penyekatan dan 17 Checkpoint


JawaPos.com – Aparat kepolisian terus mematangkan strategi antisipasi arus mudik dari Jakarta. Kemarin (17/4) Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya meninjau beberapa titik penyekatan kendaraan. Total ada 14 titik penyekatan dan 17 checkpoint yang nanti dijaga personel Polri selama 24 jam nonstop. Khususnya titik penyekatan dan checkpoint di jalur-jalur tikus.

Menurut Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, jajarannya akan bertugas mulai 6 sampai 17 Mei. Selama sekitar dua pekan itu, titik penyekatan serta checkpoint yang sudah ditentukan menjadi atensi mereka. ”Kami sudah meninjau titik utama di Gerbang Tol Cikarang Barat,” ungkapnya kemarin.

Kendaraan yang berniat keluar Jakarta untuk mudik dan melalui gerbang tol tersebut dipastikan bakal diarahkan untuk putar balik. ”Kembali ke jalan tol arah Jakarta,” tegasnya. Selain gerbang tol itu, dia memastikan gerbang tol yang biasa dilalui mobil untuk masuk Cikampek bakal ditutup. Demikian pula jalan tol layang. ”Elevated itu juga akan kami tutup,” tambah dia. Sebab, pemeriksaan kendaraan akan dilaksanakan di jalur bawah. Karena itu, mulai 6 sampai 17 Mei, jalur layang tersebut tidak akan dibuka. ”Pemeriksaannya ada di bawah, di Km 31,” terang Sambodo.

Khusus jalur tikus, salah satu yang ditunjukkan langsung oleh Sambodo adalah Jembatan Cibeet yang berada di Bekasi. Jembatan tersebut menghubungkan Bekasi dengan Karawang. Biasanya, jembatan itu digunakan angkutan umum ilegal. ”Salah satu jalur tikus untuk menuju ke Karawang. Nanti setelah dari Karawang bisa ke Jawa Barat, Jawa Tengah, dan seterusnya,” beber perwira menengah dengan tiga kembang di pundak itu. Selain angkutan umum ilegal, sepeda motor pun sering melintasi jalur tersebut.

Baca juga: Pemprov Kepri Izinkan Masyarakat Mudik Lokal

Lebih lanjut, Sambodo menyatakan bahwa pemeriksaan juga akan dilaksanakan di Kedung Waringin. Sebab, itu merupakan jalur arteri utama non-tol yang menghubungkan Bekasi dengan Karawang. ”Titik (penyekatan) lainnya ada di Cikupa, Bitung, dan Gerbang Tol Bintung,” jelasnya. Semua titik penyekatan dan checkpoint tersebar di Jabodetabek.

Saksikan video menarik berikut ini:


Cegah Mudik, Polisi Siapkan 14 Titik Penyekatan dan 17 Checkpoint