DPRD Sumut Dukung Rencana Pembangunan Tol Medan–Berastagi

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

DPRD Sumut Dukung Rencana Pembangunan Tol Medan–Berastagi


JawaPos.com–DPRD Sumatera Utara mendukung rencana pemerintah provinsi membangun jalan Tol Medan–Berastagi. Sebab, pembangunan itu dinilai merupakan kebutuhan yang mendesak.

”Kita mendukung penuh pembangunan jalan Tol Medan–Berastagi. Pembangunan ini merupakan usul kita dan itu sudah lama,” kata Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting seperti dilansir dari Antara.

Menurut dia, pembangunan jalan tol tersebut dapat mengantisipasi terjadinya kemacetan di jalur wisata yang juga jalur perdagangan yang sangat vital tersebut.

”Apabila terjadi kecelakaan atau longsor, jalur tersebut menjadi macet. Karena itu, kita minta Gubernur Sumut segera realisasikan pembangunan tol Medan–Berastagi,” ujar Baskami Ginting.

Dia menyebut, pembangunan tol sudah sempat dianggarkan pada 2020 dan direncanakan dimulai pada 2021. Namun, karena pandemi Covid-19 melanda, pemerintah melakukan refocusing anggaran dan rencana pembangunan tertunda.

”Kita berharap itu bisa segera dianggarkan,” jelas Baskami Ginting.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara berencana membangun jalan Tol Medan–Berastagi. Jalan Tol Medan–Berastagi nantinya dilengkapi dengan Light Rail Transit (LRT). Posisi LRT akan ditempatkan di tengah jalan tol.

Hal itu disampaikan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Pemprov Sumut yang berlangsung di Hotel Santika Medan, Kamis (8/4).

Dia menyebut pembangunan jalan tol tersebut membutuhkan persetujuan perizinan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, lantaran akan melintasi hutan lindung.

”Jadi butuh proses perizinan. Jadi jalan tol yang bisa tembus ke Berastagi,” tutur Edy.

Saksikan video menarik berikut ini:


DPRD Sumut Dukung Rencana Pembangunan Tol Medan–Berastagi