Gempa Magnitudo 6,4 Guncang Nias Barat, Tak Berpotensi Tsunami

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Gempa Magnitudo 6,4 Guncang Nias Barat, Tak Berpotensi Tsunami


JawaPos.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan, gempa magnitudo 6,4 mengguncang Nias Barat, Sumatera Utara. Gempa bumi itu terjadi sekitar pukul 06.58 WIB.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo menuturkan, berdasarkan hasil analisis gempa bumi terletak pada koordinat 0,17 LU dan 96,48 BT.

“Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 140 KM arah Barat Daya Nias, Sumatera Utara pada kedalaman 16 km,” kata Bambang dalam keterangannya, Selasa (20/4).

Berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa itu merupakan jenis gempa bumi dangkal yang diakibatkan adanya aktivitas tektonik pada Lempeng Samudera Hindia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan, gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan sesar turun.

Menurutnya, getaran dirasakan di beberapa wilayah di sekitar Nias Barat, Sumatera Utara. “Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu,” ucap Bambang.

Gempa juga dirasakan di beberapa wilayah lain seperti AekGodang, Padang Sidempuan, Pariaman, Padang Pariaman, Padang, Pakpak Bharat, Aceh Singkil dan Gunung Sitoli juga merasakan getaran akibat gempa.

“Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang,” ungkap Bambang.

Dia memastikan, berdasarkan hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. BMKG juga belum menerima laporan adanya kerusakan bangunan akibat gempa bumi.

Meski demikian, Bambang mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
Masyarakat diminta menghindari dari bangunan yang retak atau rusak yang diakibatkan gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” tandas Bambang.


Gempa Magnitudo 6,4 Guncang Nias Barat, Tak Berpotensi Tsunami