Sang Presiden Malioboro Umbu Landu Paranggi Meninggal Dunia

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Sang Presiden Malioboro Umbu Landu Paranggi Meninggal Dunia


JawaPos.com – Kabar duka datang dari dunia sastra Indonesia. Salah seorang sastrawan kebanggaan Indonesia, Umbu Landu Paranggi meninggal dunia pada Selasa (6/4) dini hari. Kabar duka sang penyair ini disampaikan oleh akun Twitter @kenduricinta. Pria yang dikenal sebagai Presiden Malioboro itu menghembuskan napas terakhirnya pada pukul 03.55 WITA, Selasa (6/4).

“Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun. Duka kami, mengantarmu ke huma yang sejati Bapak Umbu Landu Paranggi. Pada hari Selasa tanggal 6 April 2021 pukul 03.55 WITA di RS Bali Mandara,” tulisnya dikutip JawaPos.com, Selasa (6/4).

Meninggalnya pria kelahiran Kananggar, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) ini pun menjadi trending topic di Twitter hari ini. Banyak warganet menyampaikan ucapan duka atas kepergian sang penyair.

Salah satu ungkapan duka berasal dari penulis Puthut EA. Dia menyampaikan salam perpisahan dengan Presiden Malioboro itu dengan gaya sastra.

“Umbu Landu Paranggi, mahaguru para penyair di Indonesia, wafat. Pergilah kuda Sumba kami. Dalam kilat derapmu. Menuju ufuk jauh. Ringkikmu menggema, di ladang ilalang terbuka,” tulisnya.

Seniman lainnya, Andreas Harsono pun turut mengungkapkan rasa kesedihannya atas berpulangnya pria kelahiran 10 Agustus 1943 tersebut.

“RIP Penyair Umbu Landu Paranggi, mengasuh komunitas sastra di Jogjakarta 1960-an jadi Presiden Malioboro, 1975 pindah ke Bali, meninggal di Denpasar usia 78 tahun,” ujarnya.

Sebagai informasi, Umbu Landu Paranggi adalah seniman yang sering disebut sebagai tokoh misterius dalam dunia sastra Indonesia sejak 1960-an. Namanya dikenal melalui karya-karyanya berupa esai dan puisi yang dipublikasikan di berbagai media massa. Umbu merupakan penyair sekaligus guru bagi para penyair muda pada zamannya antara lain Emha Ainun Nadjib, Eko Tunas hingga Linus Suryadi AG.


Sang Presiden Malioboro Umbu Landu Paranggi Meninggal Dunia