Selama 5 Detik Gempa Bumi Dirasakan di Nias Barat

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Selama 5 Detik Gempa Bumi Dirasakan di Nias Barat


JawaPos.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyampaikan, gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Nias Barat sekitar pukul 06.58 WIB dirasakan selama kurang lebih lima detik. Hal ini berdasarkan laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nias Barat.

“BPBD Kabupaten Nias Barat melaporkan gempa dirasakan cukup kuat selama kurang lebih 5 detik,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati dalam keterangannya, Selasa (20/4).

Berdasarkan hasil analisis BMKG, sambung Raditya, pusat gempa berada di laut 142 km Barat Daya Nias Barat dengan kedalaman 10 km. Gempa berada pada koordinat 0.21 LU-96.42 BT 142 km Barat Daya Nias Barat – Sumut. “Tidak memicu terjadinya tsunami,” ucap Raditya.

BMKG mengidentifikasi peta guncangan dengan skala MMI, dirasakan di II – III MMI di Nias Barat, II MMI berada di AekGodang, Padang Sidempuan, Pariaman, Padang Pariaman, Padang, Pakpak Bharat dan Aceh Singkil.

Skala Mercalli atau MMI merupakan satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi. Parameter III MMI mendeskripsikan getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

“Kondisi terakhir pasca gempa tersebut sudah kembali kondusif, belum ada informasi adanya kerusakan dan masyarakat telah beraktifitas seperti biasa,” ujar Raditya.

Meski demikian, BNPB mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan siap siaga terhadap potensi gempa bumi yang dapat terjadi sewaktu-waktu. Dalam konteks bahaya gempa bumi, dampak korban jiwa sering terjadi akibat reruntuhan bangunan.

“Masyarakat dapat mengakses InaRISK untuk mengidentifikasi potensi risiko di sekitar tempat tinggal,” pungkas Raditya.


Selama 5 Detik Gempa Bumi Dirasakan di Nias Barat