Soal Rencana Penggunaan Paspor Vaksin Covid-19, Begini Respons WHO

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Soal Rencana Penggunaan Paspor Vaksin Covid-19, Begini Respons WHO


JawaPos.com – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tidak mendukung penggunaan paspor vaksin Covid-19 untuk persyaratan perjalanan. WHO menilai masih ada ketidakpastian mengenai apakah suntikan vaksin mencegah penularan virus serta adanya isu kesetaraan.

“Kami, WHO, mengatakan pada tahap ini kami tidak ingin melihat paspor vaksinasi sebagai persyaratan untuk masuk atau keluar karena kami tidak yakin pada tahap ini bahwa vaksin tersebut dapat mencegah penularan,” kata Juru Bicara WHO Margaret Harris, seperti dilansir Reuters

“Ada banyak pertanyaan, selain pertanyaan tentang diskriminasi terhadap orang-orang yang tidak bisa mendapatkan vaksin karena satu dan lain alasan,” kata Harris dalam jumpa pers Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Harris menambahkan tidak memiliki informasi terbaru tentang negara mana saja yang maju mendukung imbauan WHO tersebut. “Kami sangat mencari lebih banyak vaksin untuk dunia, hanya itu,” imbuhnya.

WHO sendiri saat ini mengharapkan untuk meninjau vaksin Covid-19 Sinopharm dan Sinovac dari Tiongkok untuk dikeluarkannya izin penggunaan darurat sekitar akhir April. “Ini tidak datang secepat yang kami harapkan karena kami membutuhkan lebih banyak data,” ujar Harris, yang menolak memberikan lebih banyak informasi dengan alasan kerahasiaan.

Sementara itu, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, pada bulan lalu mengimbau negara-negara di dunia dengan kelebihan pasokan vaksin untuk segera menyumbangkan 10 juta dosis ke fasilitas COVAX yang dijalankan dengan aliansi vaksin GAVI. Pembatasan ekspor oleh India membuat program berbagi vaksin global itu kekurangan pasokan vaksin AstraZeneca yang dibuat oleh Serum Institute of India.


Soal Rencana Penggunaan Paspor Vaksin Covid-19, Begini Respons WHO