Pondok Pesantren Jadi Klaster Baru Penyebaran Covid-19 di Klaten

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Pondok Pesantren Jadi Klaster Baru Penyebaran Covid-19 di Klaten


JawaPos.com–Salah satu pondok pesantren di Desa Ngawonggo, Kecamatan Ceper, menjadi klaster baru penyebaran Covid-19 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

”Dari pondok pesantren ini totalnya ada 14 santri yang positif,” kata Ketua Satgas Percepatan Pengendalian Covid-19 Kecamatan Ceper Supriyono seperti dilansir dari Antara di Klaten.

Dia mengatakan, klaster tersebut berawal dari adanya seorang santri yang mengaku kehilangan daya penciuman dan perasa. Selanjutnya santri tersebut diminta untuk melakukan tes usap.

”Dari swab test ini hasilnya positif,” kata Supriyono.

Sebagai tindak lanjut, pihaknya melakukan penelusuran kontak erat di lingkungan pondok pesantren.

”Akhirnya di-tracing satu kelas dan satu asrama, ada sembilan santri yang positif. Kemudian di luar asrama ada lima, jadi ada 14 santri positif,” terang Supriyono.

Dia menjelaskan, hingga saat ini upaya tracing masih terus dilakukan, dengan melakukan tes usap kepada 73 orang.

”Hasilnya belum keluar, masih menunggu,” ujar Supriyono.

Sementara itu, untuk meminimalisasi penyebaran Covid-19 klaster tersebut, pihaknya mengeluarkan surat edaran agar pengelola pondok pesantren menghentikan sementara seluruh aktivitas sampai ada perkembangan lebih lanjut.

Secara keseluruhan, berdasar data dari Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Klaten, hingga saat ini jumlah kumulatif Covid-19 sebanyak 6.822 kasus. Dari jumlah tersebut, 352 di antaranya menjalani perawatan dan isolasi mandiri, 6.015 sembuh, dan 455 meninggal dunia.

Saksikan video menarik berikut ini:


Pondok Pesantren Jadi Klaster Baru Penyebaran Covid-19 di Klaten