ICW Desak Djoko Tjandra Bongkar Oknum yang Bantu Pelariannya

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

ICW Desak Djoko Tjandra Bongkar Oknum yang Bantu Pelariannya


JawaPos.com – Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak buronan kasus hak tagih Bank Bali, Djoko Tjandra untuk dapat kooperatif dalam menjalani masa hukuman. Serta memberikan informasi kepada penegak hukum tentang pihak-pihak mana saja yang turut membantunya dalam pelarian selama sebelas tahun terakhir.

“Polri harus mengembangkan terkait adanya kemungkinan petinggi korps bhayangkara lain yang juga terlibat dalam membantu pelarian Djoko Tjandra,” kata peneliti ICW, Kurnia Ramadhana dalam keterangannya, Jumat (31/7).

Kurnia menyatakan, Polri harus segera menetapkan Djoko Tjandra sebagai tersangka atas dugaan menggunakan surat palsu untuk kepentingan tertentu sebagaimana tertuang dalam Pasal 263 ayat (2) KUHP. Menurutnya, poin ini merujuk pada tindakan yang bersangkutan saat menggunakan surat jalan dari Polri agar bisa melarikan diri.

“Namun, ICW mengapresiasi langkah Polri yang akhirnya berhasil meringkus buronan kelas kakap, terpidana kasus korupsi, Djoko Tjandra,” ucap Kurnia.

Bahkan, Kurnia menyebut, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus segera berkoordinasi, baik dengan Kepolisian atau Kejaksaan, untuk dapat menangani dugaan tindak pidana suap yang dilakukan Djoko Tjandra atau pun advokatnya serta dugaan obstruction of justice.

Sebelumnya, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono menyampaikan, penangkapan terhadap buronan Djoko Tjandra dilakukan di Malaysia. Proses pemulangan dipimpin langsung oleh Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo.

“Malam ini sudah kita buktikan dengan adanya penangkapan dan sudah dijemput Kabareskrim di Malaysia dan saat ini sedang dalam perjalanan,” kata Argo di Bandara Halim Perdanakusuma , Jakarta Timur, Kamis (30/7).

Kendati demikian, Argo belum mau merinci ihwal kronologi penangkapan. Nantinya, pernyataan resmi akan disampaikan langsung oleh Kabareskrim Polri selaku pemimpin operasi penangkapan.

“Pada prinsipnya komitmen dari kita semua, kita akan menangkap pak Djoko Tjandra. Kenyataannya kita berhasil dan malam ini juga dalam perjalanan ke Jakarta,” tandasnya.


ICW Desak Djoko Tjandra Bongkar Oknum yang Bantu Pelariannya