Pabrik di Jepang Ditutup, Say Goodbye Buat Mitsubishi Pajero

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Pabrik di Jepang Ditutup, Say Goodbye Buat Mitsubishi Pajero


JawaPos.com – Mitsubishi selama beberapa tahun ini perlahan telah berhenti menjual model Pajero di beberapa pasar pentingnya. Kini ditambah gempuran pandemi Covid-19, Mitsubishi malah dilaporkan menutup pabrik pembuatan Pajero di Sakahogi, Prefektur Gifu, Jepang. Yang kemudian disusul dengan pengumuman bahwa mereka sekaligus menyuntik mati model mobil legendaris yang terkenal karena Reli Dakar itu.

Generasi Pajero saat ini telah dijual di sejak 2006 dengan pembaruan kecil selama bertahun-tahun dan mencapai penjualan yang relatif kuat di beberapa pasar Mitsubishi. Sampai kemudian kabar mengejutkan datang terkait pengumuman Mitsubishi menutup pabrik Pajero demi mengurangi biaya operasional akibat pandemi Covid-19.

Pabrik Pajero di Jepang dioperasikan oleh Pajero Manufacturing Company, salah satu anak perusahaan Mitsubishi Motors Corporation (MMC). Selain memproduksi Pajero, pabrik di Sakahogi juga memproduksi SUV Outlander dan MPV Delica.

Untuk produksi Outlander sendiri dipastikan berlanjut, pun demikian dengan Delica, hanya saja akan dipindahkan ke pabrik lain. Keputusan untuk menutup pabrik Pajero tertuang dalam hasil rapat dewan direksi MMC pada 27 Juli 2020 lalu. Penghentian produksi Pajero secara resmi akan terjadi pada semester pertama 2021.

Soal Pajero, model mobil tersebut seperti sudah disinggung di atas populer dan terkenal lantaran kehadirannya pada ajang Reli Dakar puluhan tahun silam. Dengan Pajero, Mitsubishi “kenyang” menyandang gelar juara di ajang tersebut.

Dalam ajang reli Dakar, Pajero meraih kemenangan terbanyak dengan total 12 gelar terhitung sejak 1985, atau 3 tahun setelah generasi pertama diluncurkan ke pasar. Dominasi itu terus berlanjut dengan catatan juara Reli Dakar 1992, 1993, 1997, 1998, 2001 hingga 2007.

Pajero juga sempat populer di tanah air sampai Pajero Sport hadir. Perlu diingat, keduanya adalah model berbeda. Pajero Sport boleh dikata adalah adiknya yang berbasis kendaraan utilitas Mitsubishi Triton.


Pabrik di Jepang Ditutup, Say Goodbye Buat Mitsubishi Pajero