Tiga Masjid Besar Laksanakan Salat Idul Adha 31 Juli

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Tiga Masjid Besar Laksanakan Salat Idul Adha 31 Juli


JawaPos.com–Tiga masjid  jami  atau besar di Kota Semarang akan menyelanggarakan Salat Idul Adha pada Jumat (31/7), sedangkan penyembelihan hewan korban esok hari (1/8). Tiga masjid besar tersebut yakni Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) di Jalan Gajah Raya Gayamsari, Masjid Raya Baiturahman Jawa Tengah di kawasan Simpang Lima Semarang Tengah,  dan Masjid Agung Semarang (MAS) di Kauman Semarang Tengah.

Informasi tersebut berdasar hasil rapat yang diikuti perwakilan dari tiga masjid tersebut yang dipimpin KH Achmad Darodji, ketua umum Pengurus YPKPI Masjid Raya Baiturrahman Jawa Tengah yang juga Ketua MUI Jawa Tengah di Kantor Masjid Raya Baiturrahman Jawa Tengah Simpanglima Semarang.

Untuk  Salat Idul Adha digelar pada Jumat,  10 Dzulhijjah 1441 H atau 31 Juli 2020 M, mulai 06.15 WIB. Adapun pemotongan hewan korban, ketiga masjid akan melaksanakan pada Sabtu, 11 Dzulhijjah 1441 H atau 1 Agustus 2020 M, mulai pukul 06.00

KH Achmad Darodji seperti dilansir dari Antara menyatakan, pelaksanaan ibadah salat Idul Adha dan penyembelihan hewan korban akan dilakukan dengan protokol pakai masker, jaga jarak di antara sesama jamaah, dan melakukan cuci tangan saat baru tiba masjid.  Karena itu, agar ada jarak di antara jamaah, barisan salat  dibuat renggang sehingga kapasitas masjid hanya bisa menampung sekitar setengah dari kapasitas sesungguhnya. Masjid juga menyediakan alat pendeteksi suhu badan, tempat cuci tangan, sabun bagi jamaah, serta melakukan penyemprotan disinfektan sebelum dan sesudahnya.

”Yang perlu dicatat, jangan sampai jamaah melepas masker saat berada di dalam masjid, jangan terjadi kerumunan massa baik saat Idul Adha, atau saat prosesi penyembelihan hewan korban,” kata Kiai Darodji.

Selain itu, untuk keamanan ketertiban, Darodji juga meminta agar takmir masjid berkoordinasi dengan kepolisian. ”Kita ingin semua jamaah tertib, karena mari taati protokol yang sudah di tetapkan. Ini ikhtiar kita untuk mencegah penularan viris corona,” tegasnya.

Ketua Bidang  Takmir Masjid Raya Baiturrahman Jawa Tengah Multazam Ahmad mengatakan salat Idul Adha di Masjid Baiturrahman akan dimulai pukul 06.15. namun, jamaah diharapkan datang paling lambat pukul 06.00, karena setelah itu akses pintu masuk akan ditutup. Tahun-tahun lalu salat Idul Adha digelar di Lapangan Simpang Lima. Namun, tahun ini dilaksanakan di dalam Masjid Baiturrahman.

”Untuk penyelengaraan salat Idul Adha ini sudah berkoordinasi dengan Satgas Gugus Covid-19 dan kepolisian. Jamaah harus bawa masker, bawa sajadah, dan cuci tangan saat tiba di masjid. Juga  bawa kantong plastik atau tas dari rumah untuk tempat alas kaki masing-masing demi keamanan dan menjaga kesucian masjid,” kata Multazam.

Katib salat Idul Adha, akan disampaikan Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen atau akrab disapa Gus Yasin. Imamnya yakni KH Kiai Ulil Abshar Al Hafidz.

”Penyembelihan hewan kurban dilakukan Sabtu (1/8), dengan mendatangkan tim dari rumah pemotongan hewan (RPH) Kota Semarang. Karena ini wabah, model pembagian daging kurban tidak seperti seperti tahun kemarin. Kami tidak membagi daging di lingkungan masjid seperti kemarin. Daging kurban diantar dan ada yang diserahkan langsung kepada penerima yang sudah didata. Kami menghindari adanya kerumunan masa di lingkungan masjid,” kata Multazam.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 


Tiga Masjid Besar Laksanakan Salat Idul Adha 31 Juli