Merawat Mobil Baru Agar Tetap Awet, Nyaman dan Aman

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Merawat Mobil Baru Agar Tetap Awet, Nyaman dan Aman


JawaPos.com – Memiliki mobil merupakan salah satu impian setiap orang, namun setelah mempunyai mobil jangan lupa melakukan perawatan rutin agar tetap aman dan nyaman saat digunakan. Namun kenyataannya masih banyak orang beranggapan kalau membeli mobil baru tak perlu melakukan perawatan apapun.

Ada beberapa aturan yang biasanya dicantumkan pada buku panduan bagaimana melakukan perawatan mobil baru. Bila hal ini diabaikan bisa-bisa mobil baru Anda cepat mengalami masalah, kok bisa? Ya, ini bisa saja terjadi misalnya saja terkait dengan ban, bila Andak tak rutin melakukan pengecekan kondisi ban termasuk tekanan angin, maka ban mobil Anda akan cepat aus.

Sebenarnya merawat mobil baru bisa Anda lakukan dengan cara yang sederhana dan pengecekan secara rutin. Pertama Anda harus rajin mengecek kondisi oli mesin yang bisa dilakukan secara rutin setiap sebulan sekali. Dengan begitu jika ada kebocoran dan hal janggal pada mobil bisa cepat teratasi.

Selain itu ada juga cairan-cairan lain di dalam mobil yang membutuhkan perhatian seperti minyak rem, cairan pembersih kaca, hingga oli transmisi. Selanjutnya mengecek kondisi filter udara, sistem pembuangan, tak lupa aki bersamaan dengan penggantian oli. Pengecekan aki juga sebaiknya dilakukan secara rutin, agar Anda tidak kaget apabila mobil tiba-tiba mati di jalan.

Jangan lupa juga untuk mengecek tekanan ban sebelum Anda melakukan perjalanan jauh atau setidaknya sebulan sekali ada baiknya untuk memastikan tekanan ban sesuai dengan anjuran pabrikan. Bila perlu lakukan rotasi ban mobil agar performanya seimbang, ini dapat menjaga ban mobil dalam kondisi prima dan memperpanjang umurnya. Rotasi ban dilakukan bila intensitas penggunaan mobil tinggi.

Agar tampilan bodi tetap kinclong seperti baru keluar dari show room, rajin-rajinlah membersihkan eksterior mobil dengan lap setelah digunakan. Hal ini dapat membuat cat mobil tetap awet dan membersihkan mobil dari debu yang bisa menimbulkan goresan.

Waktu senggang di akhir pekan sebaiknya luangkan untuk mencuci mobil, gunakan sampo mobil dengan kualitas baik agar tidak menimbulkan bekas. Jangan lupa juga untuk mengeringkannya setelah dicuci supaya tak ada bercak air mengering di bagian eksteriornya.

Setelah di cuci, poles dengan pelindung cat atau waxing agar tetap mulus dan jangan lupa tutup dengan menggunakan sarung untuk menghindari kotoran kembali menempel bila tidak digunakan.

Bukan hanya bagian luar saja yang dibersihkan, tapi bagian interior juga harus sering dibersihkan. Caranya bisa dengan mengelap dan bila perlu menggunakan vakum untuk menyedot debu-debu di karpet mobil, hingga jok mobil. Jangan sisakan sampah bekas makanan berada dalam mobil, karena ini akan mengundang jamur atau bakteri yang menyebabkan kabin mobil bau tak sedap. Semoga bermanfaat dan silahkan di coba.


Merawat Mobil Baru Agar Tetap Awet, Nyaman dan Aman