Muhammadiyah Sarankan Penyelembihan Hewan Kurban di Rumah Pemotongan

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Muhammadiyah Sarankan Penyelembihan Hewan Kurban di Rumah Pemotongan


JawaPos.com – Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyarankan agar penyembelihan hewan kurban lebih baik dilakukan di rumah pemotongan hewan. Sebab, penyembelihan diselenggarakan secara amatiran dan terkesan menjadi hiburan rakyat.

“Memang terasa tidak afdal karena tidak melihat langsung hewan kurban. Akan tetapi, penyembelihan di rumah pemotongan hewan juga harus dilaksanakan sesuai syariat,” kata Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti dalam keterangannya, Jumat (31/7).

Mu’ti menyatakan, tradisi berkurban perlu mendapatkan perhatian khusus. Serta perlu ditinjau beberapa aspek dalam tradisi kurban perlu ditinjau kembali.

Mu’ti mengharapkan, hewan kurban disembelih oleh jagal muslim yang profesional, juga harus terjamin kebersihan dan terjaga keamanannya karena tidak ada kerumunan massa.

“Klaster pandemi Covid-19 berkembang melalui kontak raga di kerumunan massa. Islam mengajarkan agar hewan disembelih dengan ihsan, pisau yang tajam. penuh kasih sayang dan tidak menyakiti binatang,” harap Mu’ti.

Mu’ti pun meminta agar daging kurban sebaiknya diantar langsung kepada penerima. Dengan cara itu, penerima akan merasa terhormat dan terhindar dari kemungkinan tertular atau menularkan virus korona.

“Metode lain yang mulai dirintis ialah penyerahan dalam bentuk daging olahan seperti rendang, dendeng. dan cara lain yang tahan lama,” ujar Mu’ti.

Lebih jauh, Mu’ti mengharapkan berubah dari tradisi kurban yang komunal dan tidak islami menuju ibadah kurban yang berkeadaban. Terlebih, kurban adalah momentum untuk menumbuhkan jiwa kemanusiaan dan sifat utama dengan berderma. “Di tengah pandemi korona, sedekah kita sangat bermakna, berapa pun jumlahnya,” tandasnya.


Muhammadiyah Sarankan Penyelembihan Hewan Kurban di Rumah Pemotongan