KPU Sebut Coklit Sudah Sentuh 45,02 Persen Warga Kabupaten Kediri

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

KPU Sebut Coklit Sudah Sentuh 45,02 Persen Warga Kabupaten Kediri


JawaPos.com–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menyebut jumlah pemilih yang sudah dilakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kediri pada Desember, sudah mencapai 45,02 persen.

”Proses pemutakhiran data pemilih Pilkada 2020 oleh KPU ini berjalan sesuai tahap program dan jadwal termasuk dalam kegiatan coklit yang dilaksanakan PPDP telah berjalan lancar,” kata Komisioner Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kabupaten Kediri Eka Wisnu Wardhana seperti dilansir dari Antara di Kediri.

Sesuai dengan jadwal, kegiatan coklit berlangsung mulai 15 Juli hingga 13 Agustus. Di Kabupaten Kediri, jumlah tempat pemungutan suara (TPS) hingga 3.311 tersebar di 344 desa di 26 kecamatan.

Wisnu mengatakan, sesuai dengan data yang masuk, jumlah pemilih mencapai 1.308.864 orang. Dari jumlah tersebut, yang sudah dilakukan coklit adalah 589.201 (45,02 persen).

”Untuk jumlah KK (kepala keluarga) yang telah dikunjungi petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) sebanyk 240.456 KK. Dari jumlah tersebut, jumlah pemilih tidak memenuhi syarat (TMS) 40.950 orang, jumlah pemilih disabilitas 1.346 orang, jumlah pemilih belum melakukan perekaman data e-KTP (KTP elektronik) 5.450 orang, dan jumlah pemilih baru 11.695 orang,” kata Wisnu.

Dia menambahkan, KPU Kabupaten Kediri menargetkan coklit pada pekan ketiga, semua pemilih telah selesai dilakukan coklit, sehingga pada pekan keempat panitia pemungutan suara (PPS) bisa fokus menyusun daftar pemilih hasil pemutakhiran (pra-DPS).
Dia mengakui, kegiatan coklit pada masa pandemi Covid-19 membuat petugas harus berjuang ekstra. KPU juga sudah melengkapi petugas dengan berbagai macam alat pelindung diri (APD), yakni pelindung wajah, masker, hingga sarung tangan, guna mengantisipasi penularan Covid-19.

Dia juga sudah memberikan masukan untuk PPDP. Untuk coklit data pemilih yang diisolasi, petugas bisa memanfaatkan video call atau koordinasi dengan RT dan gugus tugas di desa, sehingga tetap bisa dilakukan coklit. Selain itu, KPU Kabupaten Kediri sudah persiapan dan melakukan sosialisasi terkait dengan pendaftaran calon kepala daerah. Sesuai rencana, pendaftaran pasangan calon berlangsung pada 4–6 September dan penetapannya dilakukan pada 23 September.

Saksikan video menarik berikut ini:

&nbsp

 


KPU Sebut Coklit Sudah Sentuh 45,02 Persen Warga Kabupaten Kediri