TNI-Polri Kuasai Kembali Bandara Bilogai di Kabupaten Intan Jaya

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

TNI-Polri Kuasai Kembali Bandara Bilogai di Kabupaten Intan Jaya


JawaPos.com–Aparat keamanan yang tergabung dalam satuan tugas Nemangkawi, sejak Jumat (29/10) malam kembali menguasai Bandara Bilogai, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua.

”Memang benar sejak Jumat (29/10) malam, Bandara Bilogai telah dikuasai TNI-Polri setelah sebelumnya kelompok kriminal bersenjata (KKB) sempat mendudukinya hingga menyebabkan tidak ada penerbangan sipil yang melayani rute ke wilayah itu,” kata Direktur Reskrimsus Polda Papua Komisaris Besar Polisi Faizal Rahmadani seperti dilansir dari Antara di Jayapura.

Menurut dia, saat ini bandara sudah aman untuk didarati karena anggota TNI-polisi sudah bersiaga di sekitar bandara. ”Polda Papua juga akan menambah personel ke Intan Jaya sebanyak dua pleton guna menambah perkuatan di wilayah itu,” terang Faizal Rahmadani.

Dia mengatakan, saat ini warga mengungsi di dua lokasi yakni di gereja dan polsek. Namun, jumlah warga yang mengungsi belum diketahui pasti. Ketika ditanya tentang insiden pembakaran Kantor Airnav Bandara Bilogai, Jumat (29/10), Faizal Rahmadani yang juga menjabat komandan Satgas Penegakan Hukum Nemangkawi mengaku dari laporan yang diterima yang dibakar bukan kantor airnav bandara itu. Melainkan rumah genset, kios, dan dua unit kendaraan termasuk mobil ambulans yang ada di sekitar bandara.

Sebelumnya Komandan Kodim 1705/Nabire Letnan Kolonel Infantri Anjuanda Pardosi, Jumat (29/10) malam, menyatakan, sempat terjadi kontak tembak antara mereka dengan gerombolan bersenjata di sekitar Distrik Sugapa namun tidak ada korban jiwa.

Sementara itu, Humas Airnav Yohanes Sirait menyatakan, kantor airnav di kawasan Bandara Bilogai, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, tidak terbakar. ”Memang Jumat (29/10) malam kantor airnav di wilayah itu dilaporkan dibakar namun setelah dilakukan pengecekan Sabtu (30/10) ternyata tidak. Yang terbakar beberapa bangunan yang ada di kawasan bandara,” kata Yohanes Sirait.

Berbagai peralatan dan karyawan Airnav yang bertugas di Kabupaten Intan Jaya sudah dievakuasi ke Polsek Sugapa. ”Ada tiga karyawan Airnav yang bertugas di kawasan tersebut dan dalam waktu dekat akan dievakuasi ke Nabire,” terang Yohannes Sirait.

Humas Airnav mengaku operasional Bandara Bilogai di Sugapa saat ini menggunakan prosedur TIBA sehingga bila ada pesawat yang akan mendarat tetap dipandu. ”Tidak ada masalah bila ada pesawat yang ingin mendarat di Bilogai karena pengoperasionalannya sudah menggunakan prosedur TIBA yang dapat dimonitor dari bandara di sekitarnya seperti Bandara Nabire,” tutur Yohanes Sirait.

Sejak kembali terjadinya kontak tembak antara aparat keamanan dengan KKB di sekitar Distrik Sugapa menyebabkan dua orang terluka tembak. Dua orang yang mengalami luka tembak yakni Serka Asep dan seorang balita yang kemudian dilaporkan meninggal akibat luka yang dideritanya.


TNI-Polri Kuasai Kembali Bandara Bilogai di Kabupaten Intan Jaya