Wisata Sontoh Laut Surabaya di Asemrowo Akan Segera Dibangun

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Wisata Sontoh Laut Surabaya di Asemrowo Akan Segera Dibangun


JawaPos.com–Wisata Sontoh Laut di Kecamatan Asemrowo, Surabaya, akan dibangun pemerintah kota (pemkot). Pemkot Surabaya berkolaborasi dengan Kreartureseries dan pihak sponsor me-launching Sayembara Desain Sontoh Laut.

Kompetisi itu untuk mendorong partisipasi warga, terutama pemuda Surabaya dalam pengembangan pembangunan Kota Surabaya. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berharap, para pemuda yang memiliki ilmu tentang arsitektur dan pengembangan wisata alam bisa mengikuti kompetisi.

Dia sangat yakin Wisata Bahari Sontoh Laut akan menjadi tempat bagi para pemuda dan tempat wisata baru yang menarik di Kota Pahlawan. ”Kalau pemuda ikut berpartisipasi, saya yakin hasil pembangunan Sontoh Laut akan maksimal dan akan ada peran pemuda di dalam pembangunan tersebut,” ujar Eri.

”Ketika ada peran pemuda, Sontoh Laut akan menjadi tempat yang hebat di Kota Surabaya. Ayo rek, para pemuda semua ikut sayembara ini untuk Surabaya yang lebih hebat lagi pada masa mendatang,” tambah dia.

Menurut dia, perencanaan pembangunan Sontoh Laut sengaja tidak dieksekusi langsung oleh Pemkot Surabaya. Sebab, ingin melibatkan para pemuda dalam melakukan perencanaan pembangunan Kota Surabaya.

”Tidak hanya pemuda, melainkan siapapun yang memiliki keahlian di bidang arsitektur. Tapi saya juga berharap pemudanya yang muncul. Semangat dan karakter 28 Oktober diharapkan bisa muncul kembali, sehingga tidak hanya mengandalkan pemerintah kota dalam perencanaan Surabaya, tapi bagaimana seluruh elemen masyarakat, terutama pemuda jadi bagian dari perencanaan pembangunan Kota Surabaya,” ucap Eri.

Alasan memilih Sontoh Laut sebagai lokasi sayembara desain adalah karena potensi pengembangan menjadi pusat wisata yang sangat hebat di Surabaya. Sebenarnya, menurut Eri, masih banyak pusat wisata lain yang bisa dikembangkan untuk menjadi tempat wisata yang hebat.

”Jadi, kita lakukan di Sontoh Laut dulu. Insya Allah dari hasil sayembara, bisa dilakukan pula di tempat lain. Tentu dengan melibatkan semua elemen masyarakat,” ujar Eri.

Bahkan, tidak menutup kemungkinan sentra wisata kuliner (SWK) akan dikembangkan dengan menggelar sayembara. Sehingga perencanaan pembangunannya melibatkan pemuda-pemuda berbakat di Kota Surabaya.

”Jadi, saya ingin setiap pembangunan yang dibangun Pemkot Surabaya merupakan sumbangsih pemikiran dari seluruh warga Kota Surabaya,” tutur Eri.

Sementara itu, Penanggung Jawab Sayembara Desain Sontoh Laut Yanaita Febbi menjelaskan, pendaftaran sayembara 28 Oktober–30 November. Nanti ada webinar tentang How to Make Integrated Design for Tourism Area pada 10 November.

”Bahkan, nanti ada survei lokasi yang dilaksanakan secara individu oleh peserta dan akan dipandu volunteer atau Bagian Humas Pemkot Surabaya di kawasan Sontoh Laut mulai 10–30 November,” kata Febbi.

Febbi menjelaskan, para pemenang sayembara berhak mendapatkan uang tunai, dan piagam penghargaan dari Wali Kota Surabaya. ”Ayo rek kirimkan karya terbaikmu!” ucap Febbi.


Wisata Sontoh Laut Surabaya di Asemrowo Akan Segera Dibangun