Lewat Swargaloka, Warga Surabaya Dapat Informasi Layanan Adminduk

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Lewat Swargaloka, Warga Surabaya Dapat Informasi Layanan Adminduk


JawaPos.com–Untuk meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk), Pemerintah Kota Surabaya meresmikan media publikasi Suara Warga Mengelola Kebutuhan Adminduk (Swargaloka) yang dibuat Dispendukcapil Kota Surabaya.

Peresmian tersebut, digelar di Mal Pelayanan Publik Siola Lantai 3 Kota Surabaya, Rabu (27/10). Usai peresmian, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi juga didapuk menjadi narasumber perdana di Podcast Swargaloka, yang juga disiarkan Radio Suara Surabaya.

Eri mengatakan, Swargaloka merupakan media publikasi yang berkaitan dengan informasi seputar pelayanan adminduk di Kota Surabaya. Nanti, informasi pelayanan tersebut bisa diakses masyarakat Kota Surabaya melalui media sosial (medsos), yakni YouTube, Instagram, Twitter, hingga Spotify.

”Alhamdulilah kita meluncurkan Swargaloka, yaitu Suara Warga Mengelola Kegiatan Adminduk. Ini yang membuat saya makin yakin, pelayanan kependudukan bisa berhenti di tingkat kelurahan. Bila hal itu tercapai, berarti semua pelayanan sudah dekat dengan masyarakat. Nanti beralih menggunakan aplikasi online,” kata Eri.

Dengan adanya media publikasi Swargaloka, akan lebih memudahkan jalinan komunikasi antara Pemkot Surabaya dengan masyarakat terkait pelayanan adminduk, agar lebih mudah mendengarkan aspirasi warga. Sebab, pada Januari 2022, warga Kota Surabaya diharapkan sudah bisa mengakses pelayanan adminduk melalui aplikasi online.

”Insya Allah per 1 Januari 2022, warga bisa mendapat pelayanan adminduk cukup menggunakan aplikasi online. Jadi bisa diakses di rumah atau di mana saja,” ujar Eri.

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya itu juga menerangkan, Dispendukcapil Surabaya telah memiliki aplikasi Kalimasada. Yakni aplikasi yang memudahkan warga untuk mendapat pelayanan Adminduk dan akan memberikan pelatihan di tingkat RT terkait aplikasi tersebut.

Menurut Wali Kota Eri, saat menghadiri kegiatan cangkrukan di Balai RW X, Kelurahan Ngagelrejo, Kecamatan Wonokromo, Surabaya, pada Selasa (26/10), dia mendapati ketua RT yang mengaku mengalami kesulitan dalam mengakses pelayanan adminduk melalui aplikasi online. Tetapi, ada ketua RT yang sudah sering menggunakan layanan tersebut untuk membantu memasukkan atau melakukan perubahan data warga.

”RT yang sudah bisa menggunakan aplikasi tersebut nanti membantu kami menjadi mentor untuk RT yang lain. Sehingga untuk warga Kota Surabaya memiliki rasa memiliki dan gotong-royong,” terang Eri.

Sementara itu, Kepala Dispendukcapil Kota Surabaya Agus Imam Sonhaji mengatakan, peluncuran media publikasi Swargaloka tersebut, terinspirasi dengan sosial media yang dimiliki Humas Pemkot Surabaya. Serta, menjadi salah satu cara untuk mendekatkan pelayanan adminduk kepada masyarakat.

”Kami mencoba mengemas informasi pelayanan adminduk melalui platform YouTube, Instagram, dan Podcast untuk lebih memudahkan warga,” kata Agus.

Agus mengaku tengah menyiapkan langkah strategis untuk aplikasi online yang akan diakses masyarakat Kota Surabaya pada Januari 2022.  Yakni akan menyiapkan peraturan, karena tidak semua warga bisa melakukan layanan online secara mandiri. Selain itu, menyiapkan sistem aplikasi dan sumber daya manusia (SDM) dari warga.

”Swargaloka ini menjadi salah satu perkakas melalui materi informasi media sosial yang akan membantu warga Surabaya untuk mulai belajar menggunakan aplikasi online,” kata Agus.


Lewat Swargaloka, Warga Surabaya Dapat Informasi Layanan Adminduk