TPA Kabupaten Sidoarjo Tak Mampu Tampung Sampah

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

TPA Kabupaten Sidoarjo Tak Mampu Tampung Sampah


JawaPos.com–Tempat pembuangan akhir (TPA) Sampah di Jabon, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, tak mampu lagi menampung kiriman sampah. Kendaraan truk yang mengangkut sampah rumah tangga itu hanya bisa berjajar di dalam TPA.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Sidoarjo Bahrul Amig seperti dilansir dari Antara di Sidoarjo mengatakan, puluhan truk pengangkut sampah yang selama ini beroperasi mengambil sampah dari TPST ke TPA kini terparkir di Jabon. ”Bisa dibilang tutup dengan sendirinya karena penuh. Sementara armada pengangkut sampah kami minta stand by di sini,” ujar Bahrul Amig.
Dia menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan beberapa solusi terkait menumpuknya sampah tersebut. Salah satunya adalah mengoperasikan pembuangan sampah di sanitary landfill mulai Senin (1/11).

”Memang belum ideal, tapi kami akan segera mengoperasikannya sebagai solusi mulai November. Selain itu, Bapak Bupati juga telah menyiapkan solusi lain yakni landfill mining dengan mengolah sampah menjadi briket yang dibutuhkan industri sebagai bahan bakar,” terang Bahrul Amig.

Dia mengatakan, briket sampah merupakan inovasi dari putra daerah yang telah diriset sejak beberapa tahun silam. Rencananya pengolahan sampah menjadi briket tak hanya dilakukan di TPA Jabon tapi juga di TPST kawasan.

”Memang Sidoarjo akan menjadi kota pertama yang menerapkan pengolahan sampah menjadi briket ini secara sempurna dan terintegrasi,” papar Bahrul Amig.

Meski demikian, Amig juga mengimbau kepada masyarakat untuk lebih optimal dalam mengolah sampah sejak dari rumah. Minimal dengan cara 3R (reduce, reuse, recycle) atau dikelola secara terpusat melalui desa. Tentunya harus berkenan membayar secara pantas kepada pengelola TPS desa.

”Kami juga mendorong pengelola TPS desa maupun kawasan untuk lebih optimal lagi. Bahkan bila perlu sampah-sampah ini tuntas di sana tidak sampai masuk ke TPA,” ucap Bahrul Amig.


TPA Kabupaten Sidoarjo Tak Mampu Tampung Sampah