Muncul Lagi Hoax PDIP Usul Penghapusan Pondok Pesantren

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Muncul Lagi Hoax PDIP Usul Penghapusan Pondok Pesantren


INFORMASI sesat tentang PDI Perjuangan (PDIP) yang mengusulkan pembubaran pondok pesantren kembali menyebar seiring dengan peringatan Hari Santri Nasional. Kabar tersebut berupa gambar hasil capture yang diberi keterangan tulisan.

”PDIP USUL KE PEMERINTAH AGAR PESANTREN DI TUTUP SELURUH INDONESIA.” Begitu tulisan pada bagian bawah gambar yang diunggah akun Facebook Wan Zendra pada 23 Oktober lalu. Tulisan lain yang tercantum pada gambar tersebut adalah ”CUKUP VIRALKAN INI DAN DIKOPI KASIKAN KE RAKYAT PLOSOK PLOSOK DESA INSYA ALLAH PASTI TUMBANG DAN PASTI DIBENCI SAMA RAKYAT. TERUTAMA RAKYAT KAUM PEDESAAN PERDALAMAN.”

Pada tangkapan layar itu juga terdapat tulisan dengan bahasa Sunda. Isinya ungkapan sakit hati bila pesantren ditutup meskipun dia bukan seorang santri maupun ustad (bit.ly/UsulPenghapusan).

Dari hasil penelusuran, tidak ada satu pun pemberitaan yang mengabarkan PDIP mengusulkan pembubaran pesantren. Kabar menyesatkan itu ternyata telah menyebar beberapa tahun yang lalu dan disebar berulang-ulang.

Penelusuran lainnya, foto Megawati Soekarnoputri yang ada dalam capture tersebut juga tidak memiliki kaitan dengan narasi pembubaran pesantren. Foto itu memperlihatkan momen ketika presiden kelima RI dan ketua umum PDIP tersebut menyampaikan pernyataan sikap menjelang pilkada pada 2017, empat tahun silam. Anda dapat melihat foto yang diunggah portal Berita Satu di bit.ly/KonpresPilkada.

Bahkan, seorang pelaku penyebaran hoax tersebut sudah ditangkap polisi. Pelaku berinisial AR itu ditangkap Tim Tindak I Satgas Patroli Siber Bareskrim Polri dan tim Subdit II Ditreskrimsus Polda Aceh pada Jumat, 20 April 2018, atau tiga tahun lalu.

”Tim telah melakukan pengungkapan perkara berita hoax melalui media sosial Facebook atas akun Reja Arsyabandi yang telah melakukan penyebaran berita hoax yang berisi PDIP mengusulkan kepada pemerintah untuk menutup seluruh pesantren di Indonesia,” jelas Kabidhumas Polda Aceh Kombespol Misbahul Munauwar. Anda dapat membaca berita Tribunnews di bit.ly/DitangkapPolisi.

FAKTA

Informasi yang menyebut PDI Perjuangan mengusulkan penghapusan pesantren itu menyesatkan. Bahkan, seorang pelaku penyebaran informasi tersebut telah ditangkap pada 2018 oleh Polda Aceh.


Muncul Lagi Hoax PDIP Usul Penghapusan Pondok Pesantren