Pelatih Pengganti Koeman? Sergi Dulu, Baru Xavi

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Pelatih Pengganti Koeman? Sergi Dulu, Baru Xavi


JawaPos.com – Tanggal 28 Oktober dalam dua tahun terakhir menjadi peristiwa penting bagi FC Barcelona.

Tahun lalu, Josep Maria Bartomeu mengundurkan diri sebagai presiden Barca karena mendapat banyak tekanan mulai dari utang menggunung klub hingga kebijakan terhadap Lionel Messi.

Tahun ini atau kemarin (28/10), giliran Ronald Koeman yang kehilangan jabatan sebagai entrenador setelah Barca kalah 0-1 oleh Rayo Vallecano pada jornada kesebelas La Liga di Campo de Futbol de Vallecas.

”Presiden (Barca) Joan Laporta tidak menunggu lama untuk mengakhiri kerja sama dengan Ronald Koeman karena pemecatan terjadi pukul 00.15 (waktu setempat atau dua jam setelah pertandingan berakhir, Red),” tulis Diario AS.

Hubungan Laporta dan Koeman memang naik turun. Laporta sejatinya menginginkan pelatih baru untuk Barca musim ini. Bidikannya adalah mantan kapten Barca Xavi Hernandez.

Di mata Laporta, hanya Xavi yang dianggap bisa mengembalikan performa Barca lewat gaya permainan khas tiki-taka.

Tapi, seiring Xavi baru memiliki karier kepelatihan bersama Al Sadd SC dua tahun terakhir, Laporta kemudian tetap berkompromi dengan Koeman.

Kini, setelah Tintin –julukan Koeman– lengser, Laporta mau tidak mau menginginkan Xavi kembali ke klub yang membesarkannya.

Yang jadi kendala, gelandang Barca periode 1998–2015 itu baru datang setelah agenda internasional pertengahan November nanti.

Alhasil, Barca memilih pelatih Barca B Sergi Barjuan sebagai interim. Sergi diproyeksikan menangani Sergio Busquets dkk untuk tiga pertandingan.

Masing-masing melawan Deportivo Alaves (31/10) dan Celta Vigo (6/11) di La Liga serta menghadapi Dynamo Kyiv di Liga Champions (3/11).

”Laporta sudah memperkenalkan Sergi ke tim utama (sebagai pelatih interim) sebelum sesi latihan (kemarin, Red) dengan konferensi pers tentang pemilihannya baru dilakukan besok (hari ini, Red),” tulis Mundo Deportivo.

Proses mendatangkan Xavi memang membutuhkan waktu tidak sebentar lantaran dia dan agennya, Fernando Solanas, sedang bernegosiasi dengan Al Sadd untuk pemutusan kontrak.

Apalagi, kontrak Xavi masih berlaku hingga 2023. ”Xavi baru akan pergi setelah memimpin Al Sadd menghadapi rival beratnya, Al Duhail SC, di Qatar Stars League pada 3 November nanti,” klaim Sport.

Selain itu, pria 41 tahun tersebut masih melakukan finalisasi terkait staf kepelatihannya. Saudaranya, Oscar, diproyeksikan menjadi asistennya bersama Sergio Alegre.

Selain itu, ada pelatih fisik yang akan diemban oleh Ivan Torres. Itu berarti asisten pelatih saat ini sekaligus mantan striker andalan Swedia, Henrik Larsson, belum pasti dipertahankan oleh Xavi.

 


Pelatih Pengganti Koeman? Sergi Dulu, Baru Xavi