Cara Gampang Pilih yang Cocok Pelumas untuk Mobil Anda

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Cara Gampang Pilih yang Cocok Pelumas untuk Mobil Anda


JawaPos.com – Sebagai salah satu komponen wajib penunjang performa kendaraan, oli mesin hadir dalam beragam pilihan jenis dan tipe. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga menghadirkan oli dengan merek global Suzuki Ecstar sebagai oli mesin terpercaya untuk kendaraan Suzuki dengan standar internasional.

Suzuki Ecstar pun hadir dengan beragam pilihan jenis dan tipe yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan mesin kendaraan.

Walaupun ada beragam pilihan jenis dan tipe oli mesin, menurut Christiana Yuwantie, Spareparts Dept. Head PT SIS, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih oli mesin yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan mesin kendaraan, yaitu:

Perhatikan Spesifikasi Kendaraan

Untuk mengetahui spesifikasi oli mesin yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan, pemilik kendaraan dapat melihat pada buku manual kendaraan terkait rekomendasi penggunaan pelumas.

Di buku manual serta konsultasi dengan bengkel resmi, pemilik kendaraan dapat mengetahui jenis dan spesifikasi pelumas dengan standar rekomendasi pabrik yang paling sesuai.

Perhatikan Sertifikasi Pelumas yang Dipilih

Setiap merek yang menawarkan produk oli mesin harus mengantongi izin atau sertifikasi dengan standar terbaik. Beberapa badan yang mengeluarkan sertifikasi pelumas kendaraan antara lain API, ACEA, ILSAC, SAE, dan JASO.

Untuk ECSTAR, Suzuki mengantongi sertifikasi API Service hingga “SN”, yang merupakan standar kualitas pelumas yang diakui oleh API (American Petroleum Standard).

Perhatikan Tingkat Kekentalan Pelumas

Kekentalan oli mesin dapat menunjukkan seberapa mudah oli mengalir hingga melapisi bagian komponen mesin. Kekentalan pelumas diidentifikasi oleh SAE (Society of Automotive Engineer).

Biasanya kode yang diakhiri dengan huruf W pada nama oli dengan angka yang berbeda-beda menunjukkan tingkat kekentalan pelumas. Kode huruf W sendiri adalah singkatan dari Winter, yang digunakan sebagai acuan bahwa oli mengalir dari kondisi dingin.

Sedangkan perbedaan angka menunjukkan perbedaan spesifikasi dan peruntukan mesinnya. Tingkat kekentalan oli mesin pun terbagi menjadi encer, sedang, dan kental. Kekentalan oli yang rendah atau encer membuat oli lebih mudah mengalir untuk melumasi, sehingga dapat melindungi komponen mesin pada saat suhu rendah.

Sedangkan kekentalan oli yang tinggi biasanya akan lebih baik dalam mempertahankan kinerja pelumas pada saat suhu mesin tinggi.

Menurut Christiana Yuwantie, pemilihan oli mesin yang sesuai dengan kebutuhan dan karakter kendaraan dapat membantu mengoptimalkan kinerja kendaraan itu sendiri dan menjaga usia komponen dalam mesin agar lebih lama.

“Oli mesin berfungsi untuk melumasi permukaan komponen mesin, mengurangi gesekan antar komponen dan mempengaruhi usia pakai kendaraan sehingga harus benar-benar memilih yang tepat dan sesuai kebutuhan mesin kendaraan,” kata Christiana Yuwantie.

Ecstar sendiri sudah hadir dengan beragam tipe yaitu Engine Oil dengan tipe 0W-20 SN, 5W-30 SN/GF-5, 5W-30 SL dan 10W-40 SL untuk Gasoline Engine Oil. Sedangkan Ecstar untuk Gear Oil hadir dengan tipe 75W-80 API GL-4, 75W-90 API GL-4, dan 80W-90 API GL-5.

Selain itu, Ecstar juga memiliki jenis oli dan chemical lain, seperti ECSTAR ATF AW-1 dan ECSTAR ATF 3317 untuk ATF Fluid, serta Brake Fluid DOT3, Brake Fluid DOT4, Throttle Body & Intake Cleaner, Brake Cleaner dan ECSTAR Long Life Coolant 50/50 Pre Mixed untuk pemeliharaan kendaraan.


Cara Gampang Pilih yang Cocok Pelumas untuk Mobil Anda