Menlu Retno Sebut Pemimpin G20 Sepakati Strategi Vaksinasi Covid-19

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Menlu Retno Sebut Pemimpin G20 Sepakati Strategi Vaksinasi Covid-19


JawaPos.com–Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyatakan, para pemimpin negara-negara G20 sepakat untuk mencapai strategi global vaksinasi yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

”Para leaders juga menyampaikan pandangan perlunya melakukan vaksinasi 40 persen pada akhir 2021 dan 70 persen pada pertengahan 2022. Ini sebenarnya adalah global strategy yang diberikan WHO yang didukung para leaders dari G20,” kata Menlu Retno Marsudi seperti dilansir dari Antara di Hotel Splendide Royal, Roma, Italia, Sabtu (30/10), seusai mendampingi Presiden Joko Widodo dalam KTT G20 di La Nuvola.

Menurut Menlu, dalam pertemuan G20, para pemimpin negara membahas upaya bersama untuk keluar dari krisis akibat pandemi Covid-19. Baik krisis kesehatan maupun krisis ekonomi.

Hal lain yang disinggung adalah kerja sama erat antara menteri keuangan dan menteri kesehatan. Termasuk dengan organisasi internasional, seperti WHO, Bank Dunia, IMF, dan organisasi lainnya, terhitung pula ketersediaan dana dalam menghadapi pandemi.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo dalam pernyataannya menekankan pentingnya penguatan arsitektur kesehatan global inklusif yang berpegang teguh pada prinsip solidaritas, keadilan, transparansi, dan kesetaraan.

Retno menyebutkan, presiden mengusulkan beberapa langkah, antara lain membuat mekanisme penggalangan sumber daya kesehatan global, menyusun protokol kesehatan global untuk aktivitas lintas negara, mengoptimalkan peran G20 dalam upaya mengatasi kelangkaan dan kesenjangan vaksin, obat-obatan, dan alat kesehatan esensial.

Mengenai penguatan ketahanan kesehatan global, menurut menlu, Presiden Jokowi juga menekankan pentingnya mempercepat pemulihan ekonomi global yang lebih kuat, lebih inklusif, dan berkelanjutan.

Pada saat ini, menurut Presiden Jokowi, seperti yang disampaikan Retno Marsudi, terbentuk pandangan bersama di antara para pemimpin bahwa keadaan itu belum usai dan ekonomi dunia masih belum bangkit kembali.


Menlu Retno Sebut Pemimpin G20 Sepakati Strategi Vaksinasi Covid-19