Surabaya Fashion Week Digelar Minggu Besok

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Surabaya Fashion Week Digelar Minggu Besok


JawaPos.com–Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Surabaya, berupaya membangkitkan perekonomian usaha mikro kecil menengah (UMKM). Salah satu caranya dengan menggelar Surabaya Fashion Week (SFW).

Acara tersebut akan berlangsung secara offline dan online, pada 31 Oktober–7 November, di Main Atrium Grand City Surabaya. Pada perhelatan SFW 2021 kali ini, terdapat serangkaian kegiatan. Yakni pameran usaha mikro kecil menengah (UMKM), Fashion Show Bangga UMKM Surabaya, Fashion Show Designer Fashion Show Branded, Launching E-Peken Surabaya, hingga Awarding Pelaku UMKM.

Ketua Dekranasda Kota Surabaya Rini Indriyani mengatakan, tujuan SFW 2021 meningkatkan percepatan pemulihan ekonomi UMKM. Saat ini, Kota Surabaya sudah PPKM level 1.

”Surabaya saat ini sudah level 1, saatnya kita bangkit, berjuang, dan bergotong-royong bersama. Pemkot bersama Dekranasda juga berkolaborasi dengan OJK dalam perhelatan Surabaya Fashion Week ini untuk meningkatkan percepatan pemulihan ekonomi,” kata Rini Indriyani di Balai Kota Surabaya, Jumat (29/10).

Selain itu, Rini Indriyani menjelaskan, akan ada penampilan menarik dalam perhelatan SFW 2021. Seluruh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Surabaya juga akan ikut menampilkan karya-karya fashion UMKM. Para mahasiswa internasional juga ikut mempromosikan SFW 2021 melalui media sosial (Medsos).

”Harapannya bisa memperkenalkan produk dari Kota Surabaya di negara masing-masing. Kita Juga akan membuka gerai vaksinasi. Jadi warga yang melihat Surabaya Fashion Week atau warga yang belum divaksin bisa datang ke stan vaksinasi kami,” ungkap Rini Indriyani.

Deputi Direktur Manajemen Strategis, EPK dan Kemitraan Pemerintah Daerah Kantor Regional 4 Jawa Timur Ismirani Saputri mendukung penuh perhelatan SFW 2021. Sebab, hal itu sejalan dengan Surat Keterangan (SK) Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Surabaya. Yakni, mendukung UMKM.

”Kami mendukung penuh Surabaya Fashion Week, kami juga akan membuka tenant bank dan non bank. Serta memberikan workshop kepada para pelaku UMKM dengan memberikan pelatihan dari LJK, terkait sosialisasi keuangan,” terang Ismirani Saputri.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Surabaya Wiwiek Widayati menjelaskan, saat ini adalah momentum yang luar biasa karena Kota Surabaya sudah masuk PPKM level 1. Perhelatan SFW 2021 diharapkan bisa kembali membangkitkan perekonomian.

”Keadaan sudah mulai stabil. Melalui Surabaya Fashion Week, harapannya produk yang sudah terkurasi bisa dipasarkan untuk domestik hingga internasional,” jelas Wiwiek.

Founder dan Direktur Next Management Arif Santoso menjelaskan, dalam perhelatan SFW 2021 berbeda dengan SFW 2019. Tahun ini, SFW 2021 mengangkat tema UMKM Journey, yakni UMKM Kota Surabaya dari masa ke masa.

”Melalui UMKM Journey ini, masyarakat bisa mengetahui perkembangan produk UMKM dari sebelum pandemi Covid-19 hingga masa transisi pandemi covid-19,” ujar Arif.

Konsep busana untuk parade fashion show SFW 2021, para pelau UMKM diberikan kebebasan, setelah mendapat pelatihan khusus. Mereka diizinkan melakukan variasi dengan konsep Surabaya tempo dulu, saat ini, hingga masa mendatang, diikuti 60 penampil.

”Total para desainer dan UMKM yang akan mengikuti show ada 60 orang, 40 penampil dari UMKM  dan 20 penampil dari desainer. Kita juga akan mengadakan workshop untuk para pelaku UMKM maupun masyarakat umum. SFW 2021 ini diharapkan bisa memberikan edukasi kepada para pelaku UMKM dan masyarakat Kota Surabaya,” ucap Arif.


Surabaya Fashion Week Digelar Minggu Besok