Royal Campus UK Petra Menuju Ekosistem Go International

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Royal Campus UK Petra Menuju Ekosistem Go International


JawaPos.com – Perumahan eksklusif dan modern Royal Residence secara berkelanjutan melakukan pengembangan kawasan. Yang terbaru, PT Bhakti Tamara selaku pengembang menandatangani nota kesepahaman dengan Yayasan Perguruan Tinggi Kristen (YPTK) Petra pada 11 Oktober lalu.

Kerja sama itu terkait rencana pengembangan kampus baru di kawasan Royal Residence, Surabaya Barat.

”Kami sangat berterima kasih kepada PT Bhakti Tamara atas dukungannya bagi YPTK Petra untuk membangun Royal Campus Universitas Kristen Petra yang berstandar internasional di kawasan Royal Residence dalam upaya UK Petra untuk semakin go international pada usianya yang ke-60,” ungkap Direktur Eksekutif YPTK Petra Prof Dr (HC) Rolly Intan Dr Eng.

Penandatanganan nota kesepahaman itu dilakukan YPTK Petra yang diwakili Yos Handarto Poernomo MA dan Guntur Harianto ST selaku wakil ketua dan wakil sekretaris pengurus YPTK Petra. Dari pihak PT Bhakti Tamara diwakili Direktur Utama Ir Lodewyk Wattimena. Momen istimewa tersebut disaksikan langsung para anggota YPTK Petra, direksi PT Bhakti Tamara, dan Rektor UK Petra Prof Dr Djwantoro Hardjito.

Royal Campus UK Petra di kawasan perumahan eksklusif Royal Residence akan didesain dengan taman dan pemandangan yang indah, sehingga bisa dijadikan jujukan wisata Instagrammable bagi warga Surabaya. (Istimewa)

Direktur Utama PT Bhakti Tamara Ir Lodewyk Wattimena menyampaikan bahwa event tersebut merupakan momen bersejarah bagi PT Bhakti Tamara selaku pengembang kawasan Perumahan Royal Residence. Hal itu juga menjadi bukti nyata bahwa Royal Residence turut serta mendukung program pemerintah dalam menyiapkan pendidikan berkualitas bagi masyarakat Indonesia, khususnya bagi warga Kota Surabaya.

Lokasi Royal Campus UK Petra berdiri di atas lahan strategis tepat di sisi Jalur Lingkar Dalam Barat (JLDB) Surabaya. Keunggulan itu memudahkan para calon mahasiswa untuk mengakses kampus. Royal Residence juga mempersiapkan fasilitas-fasilitas penunjang kebutuhan calon mahasiswa. Di antaranya apartemen dan co-working space yang dapat diakses calon mahasiswa atau alumnus yang ingin berkarier sebagai entrepreneur.

Upaya-upaya tersebut juga bersinergi dengan program Kampus Merdeka yang digagas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat. Terutama dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai entrepreneur yang dapat menciptakan lapangan kerja baru.

Rolly mengatakan, YPTK Petra selaku badan penyelenggara UK Petra perlu mengembangkan kampus UK Petra agar sejalan dengan visi UK Petra tahun 2043. Yakni, To be a World Leading Christian University that transforms society for the glory of God. Capaian itu akan melengkapi berbagai prestasi UK Petra seperti peringkat 1 PTS terbaik di Indonesia oleh Kemenristek Dikti pada 2015–2017. Selain itu, UK Petra pernah meraih peringkat 2 PTS terbaik di Indonesia pada 2020 oleh Kemendikbud Dikti.

Harapannya, Royal Campus UK Petra yang dibangun di atas tanah seluas sekitar 8,5 hektare itu akan menjadi kampus yang mampu mendatangkan lebih banyak mahasiswa asing belajar di UK Petra. ”Sehingga para mahasiswa UK Petra berkesempatan memperoleh lebih banyak pengalaman internasional sesuai kebutuhan saat ini,” ujar Rolly.

Pengembangan secara berkelanjutan terus dilakukan Royal Residence yang telah menjadi kawasan perumahan eksklusif dan modern di wilayah Surabaya Barat. (Istimewa)

Untuk pengembangan, Royal Campus akan diperuntukkan bagi program-program internasional di UK Petra. Saat ini, UK Petra telah memiliki empat program internasional, yaitu international business management (IBM), international business engineering (IBE), international business accounting (IBAcc), dan international program in digital media (IPDM).

Hadirnya kampus baru itu diharapkan akan mempermudah pengembangan program-program internasional yang baru dan sesuai kebutuhan zaman.

Royal Campus UK Petra akan dilengkapi berbagai fasilitas berstandar internasional. Misalnya, dormitory, fasilitas olahraga, seni, musik, dan business incubator. Selain itu, akan ada student plaza yang memberikan wadah bagi para mahasiswa mengembangkan akademik, bakat minat, dan kemampuan soft skill.

Kampus di kawasan Surabaya Barat itu, menurut Rolly, juga akan mengembangkan business school. Sehingga, para eksekutif perusahaan nantinya mempunyai kesempatan mengambil program executive MBA (magister of business administration) dan executive DBA (doctor of business administration).

”Tentu saja kami juga akan menjalin kerja sama double and join degree serta berbagai bentuk kerja sama yang saling menguntungkan dengan universitas-universitas mancanegara yang terbaik di negaranya masing-masing,” ungkap Rolly.

Ir Lodewyk menambahkan bahwa Royal Campus UK Petra yang berstandar internasional dengan berbagai fakultas dan program studi di kawasan hunian eksklusif Royal Residence juga mampu memberikan kontribusi terhadap visi-misi Pemerintah Kota Surabaya. Di antaranya dalam mengembangkan medical tourism melalui lulusan-lulusannya, sehingga dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik di Surabaya. Dampak positif lainnya adalah dapat menjadi penggerak sektor pariwisata dan perekonomian Kota Pahlawan. (c17/kkn)


Royal Campus UK Petra Menuju Ekosistem Go International