Gresik Target Juara Umum di MTQ XXIX Tingkat Jawa Timur

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Gresik Target Juara Umum di MTQ XXIX Tingkat Jawa Timur


JawaPos.com– Dalam beberapa pekan terakhir ini, Ananda Fani Fauziyah makin giat membaca. Kitab-kitab hingga karya ilmiah. Maklum, gadis dari Desa Wedoroanom, Kecamatan Driyorejo, Gresik, ini bakal maju ke sebuah kompetisi prestisius tingkat Provinsi Jawa Timur. Yakni, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIX di Pamekasan, Madura.

Putri sulung pasangan suami-istri Ahmad Nur Musyafak-Nadhifatus Syarifah tersebut tampil di kategori karya tulis ilmiah Alquran. ‘’Mohon doa dari semuanya, semoga bisa memberikan yang terbaik untuk Gresik,’’ kata Fani, panggilan akrab mahasiswi jurusan ilmu filsafat Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya itu kepada Jawa Pos, Kamis (28/10).

Fani adalah salah seorang kafilah dari Kabupaten Gresik. Bersama puluhan kafilah lain, dia akan berjuang di panggung MTQ XXIX tingkat Jawa Timur pada 2-11 November. Mereka tentu tertuntut pulang dapat membawa medali. Membawa harum nama Kota Santri. Terlebih, selama ini kafilah Gresik sangat diperhitungkan kabupaten/kota lain.

Dalam rentang 10 tahun terakhir, Gresik tercatat beberapa kali menjadi juara umum. Sebut saja pada 2013, 2015, dan 2017. Namun, pada gelaran MTQ XXVIII 2019 lalu, Gresik gagal merebut juara umum. Posisi juara umum direbut Tuban sebagai tuan rumah. Sedangkan Gresik harus puas di posisi empat di bawah Tuban, Sidoarjo, dan Lamongan. Kini, saatnya piala bergilir itu kembali ke Gresik.

‘’Ya, insya Allah target bisa juara umum di MTQ XXIX Pamekasan. Itu juga harapan Pak Bupati (Fandi Akhmad Yani, Red) dan kita semua. Mohon doa dan dukungannya dari semua masyarakat Gresik,’’ kata Kabag Kesejahreraan Rakyat (Kesra) Pemkab Gresik Hamim.

Mantan camat Sangkapura, Bawean, itu menyatakan bahwa persaingan di ajang MTQ makin tahun semakin kompetitif. Karena itu, untuk dapat merebut juara umum tidak mudah. Terlebih, dampak pandemi Covid-19 tentu membuat masa persiapan dan pembekalan peserta kurang optimal. ‘’Namun, dengan semangat, doa, dan ikhtiar yang sudah dilakukan, mudah-mudahan target itu bisa terwujud,’’ tegasnya.

Hamim menjelaskan, seluruh kafilah Gresik akan masuk karantina di Hotel Sapta Nawa pada Sabtu besok (1/11). Setelah itu bersama dengan pendamping akan berangkat ke Pamekasan. ‘’Sebelumnya akan dilepas oleh Pak Bupati dari halaman kantor pemkab dan lebih dulu menjalani tes antigen. Sebab, dalam MTQ kali ini mesti disiplin protokol kesehatan,’’ ucap dia.

Tentu ada reward atau bonus bagi kafilah Gresik yang berhasil memperoleh medali. Baik emas, perak maupun perunggu. Namun, Hamim belum bisa memastikan berapa nominalnya. ‘’Sekali lagi, mohon dukungan dan doanya. Semoga diberikan kesehatan, kelancaran, dan kesuksesan prestasi dalam MTQ ini,’’ pungkasnya.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa telah resmi me-launching pelaksanaan MTQ XXIX di Pamekasan tersebut Minggu lalu (24/10). Dalam kesempetan itu, gubernur menyatakan, tujuan utama pelaksanaan MTQ adalah mewujudkan atmosfer Qurani bagi seluruh masyarakat. Yakni, bagaimana membangun kehidupan, perilaku, pikiran, hingga hati masyarakat yang berlandasan Alquran.

Total peserta MTQ XXIX sebanyak 1.700 orang. Mereka mewakili 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. Ada 7 cabang yang akan diperlombakan. Perinciannya, cabang tilawah Alquran yang terbagi menjadi 8 kategori, cabang hifzh Alquran (5 kategori), cabang tafsir Alquran (3 kategori), cabang fahm Alquran, cabang syarh Alquran, cabang khat Alquran (4 kategori), dan cabang karya tulis ilmiah Alquran.


Gresik Target Juara Umum di MTQ XXIX Tingkat Jawa Timur