Hoax Video Pesta Penutupan Sentra Vaksinasi di Rumania

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Hoax Video Pesta Penutupan Sentra Vaksinasi di Rumania


RUMANIA dikabarkkan menutup semua pusat vaksinasi Covid-19. Alasannya, 70 persen warganya menolak untuk divaksin. Agar lebih meyakinkan, kabar itu dilengkapi video dari udara yang memperlihatkan kerumunan massa bergelimang cahaya pada malam hari. Katanya, masyarakat Rumania sedang bersukacita merayakan penutupan sentra-sentra vaksinasi.

”Luar biasa.!!! Pemerintah Rumania menutup semua pusat vaksin.! Karena 70% warganya tidak mau menerima suntikan. Pemaksaan terhadap Rakyat tidak berhasil. Rakyat menang.!,” tulis akun Facebook Angin Angin pada 23 September 2021 (bit.ly/MenutupVaksin).

Video berdurasi 45 detik itu memperlihatkan sebuah tempat terbuka yang dipenuhi ribuan sumber cahaya putih pada malam hari. Sepertinya, cahaya itu berasal dari ribuan lampu kamera ponsel yang dipegang oleh massa dalam jumlah besar. Suara teriakan dan siulan terdengar mengiringi gerak tak beraturan cahaya tersebut.

Penelusuran jejak digital menunjukkan bahwa video yang sama muncul di YouTube sejak 2017 dengan judul Protes di Lapangan Victoriei-5 Februari 2017 (diartikan dari bahasa Rumania). Artinya, video itu sama sekali tidak terkait dengan vaksinasi Covid-19. Sebab, Covid-19 baru ditemukan pada akhir 2019 dan ditetapkan sebagai pandemi oleh WHO pada Maret 2020.

Kanal YouTube TVR yang mengunggah video itu menyebutkan, massa yang berkumpul di lapangan tersebut tidak hanya warga Bukares, tapi juga warga dari berbagai daerah lainnya di Rumania. Anda dapat melihat video itu di bit.ly/VideoProtes2017.

Sementara itu, situs pengumpul berita news.yahoo.com mengunggah ulasan AFP tentang video tersebut dengan judul Setengah Juta Orang Menghadiri Aksi Protes di Rumania. Diperkirakan lebih dari 300 ribu orang berkumpul di Lapangan Victoria Bucharest, sementara ribuan lainnya menggelar aksi serupa di seluruh negeri.

Kemarahan orang-orang Rumania itu memuncak dan mendorong mereka turun ke jalan setelah pemerintah membatalkan Undang-Undang Antikorupsi. Warga lantas menuntut para pejabat mundur dari kursi pemerintahan. Aksi protes tersebut dilakukan enam hari berturut turut. Anda dapat membacanya di bit.ly/Protes2017.

Sementara itu, kabar adanya penutupan sentra vaksinasi oleh pemerintah Rumania tidak sepenuhnya salah. Portal berbahasa Rumania, adevarul.ro, pernah memberitakannya pada 21 September 2021. Tercatat 237 sentra vaksinasi ditutup karena pemanfaatannya tidak sampai separo dari kapasitas vaksinasi per hari. Namun jangan salah, masih ada 580 sentra vaksinasi yang beroperasi. Artinya, penutupan itu hanya sebagian.

FAKTA

Video ratusan ribu manusia menyalakan cahaya ponsel itu direkam pada 2017 di Rumania saat terjadi protes massal setelah pemerintah setempat batal mengesahkan Undang-Undang Antikorupsi.


Hoax Video Pesta Penutupan Sentra Vaksinasi di Rumania