Rider MotoGP Kompak Sebut COTA Berbahaya

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Rider MotoGP Kompak Sebut COTA Berbahaya


JawaPos.com – Circuit of the Americas (COTA) yang akan menggelar balapan MotoGP GP Amerika Serikat (AS) dini hari nanti (4/10) mendapat hujan kritik dari para pembalap.

Mereka kompak menyebut sirkuit yang terletak di Texas itu terlalu berbahaya untuk menggelar balapan. Alasannya karena aspal lintasan yang terlalu banyak gelombang.

Pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo menjadi salah satu pembalap yang paling vokal melakukan kritik.

Setelah menjalani latihan bebas kedua (FP 2) kemarin (2/10) dini hari, pembalap asal Prancis itu langsung mengatakan COTA tidak layak untuk menggelar balapan MotoGP.

Dia menyebut permukaan aspal COTA yang bergelombang tidak bisa ditoleransi.

Terutama yang terdapat di tikungan cepat seperti turn 2,3, dan 10. Quartararo menyebutkan, aspal yang bergelombang sejatinya juga ditemukan di tikungan 1, 11, dan 12.

Namun, di tiga tikungan tersebut tidak terlalu berbahaya karena merupakan tikungan lambat.

”Bagiku, ini bukan lintasan MotoGP. Ini seperti latihan motorcross. Balapan satu lap mungkin tidak masalah. Namun, saya tidak bisa membayangkan membalap 20 lap di sini. Akan ada banyak kejadian berbahaya di balapan nanti,” ucap pembalap yang saat ini masih memimpin klasemen pembalap tersebut dilansir Motorsport.

Di FP 2 kemarin Quartararo menjadi yang tercepat ketiga. Berjarak 0,202 detik dari Marc Marquez.

Pembalap Repsol Honda tersebut membukukan catatan waktu terbaik dengan raihan 2 menit 04,164 detik.

Namun dia hanya akan start dari posisi ketiga pada balapan dinihari nanti.

Sedangkan, rider Ducati Francesco Bagnaia akan start dari posisi terdepan. Rider Yamaha Fabio Quartararo berada di antara keduanya start dari P2.

Marquez juga ikut angkat bicara tentang kondisi COTA. Dia mengatakan, gelombang aspal sirkuit tersebut masih dalam batas wajar. Namun, memang sangat menyulitkan bagi pembalap.

Pembalap Aprilia Aleix Espargaro menjadi salah satu yang paling keras melakukan kritik. Dia bahkan langsung menyebut COTA tidak layak untuk menggelar balapan dini hari nanti.

”Aku rasa kami tidak akan mendapatkan keamanan yang cukup jika melanjutkan balapan,” ucap Espargaro.

Pembalap Ducati Francesco Bagnaia mengamini ucapan Espargaro tersebut. Namun, menurut dia, sangat kecil kemungkinan balapan bisa dibatalkan gara-gara masalah tersebut.

”Kondisi ini menurutku sudah melebihi ambang batas keselamatan. Namun, kami sudah di sini. Kami harus terus melanjutkan balapan,” ujar Bagnaia.


Rider MotoGP Kompak Sebut COTA Berbahaya