Boleh Dikonsumsi Pasien Diabetes, Ini Manfaat Kandungan Nutrisi Wortel

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Boleh Dikonsumsi Pasien Diabetes, Ini Manfaat Kandungan Nutrisi Wortel


JawaPos.com – Penderita diabetes harus memilih jenis makanan dan minuman sesuai anjuran dokter tanpa mengakibatkan lonjakan gula darah. Diet sehat bernutrisi baik seperti sayuran wortel juga boleh dikonsumsi pasien diabetes.

Setiap asupan bagi pasien diabetes harus diukur berdasarkan indeks glikemik (GI). Angka ini digunakan sebagai patokan dalam mengukur lonjakan gula darah. Menurut American Diabetes Association (ADA) wortel adalah sayuran non-pati. Pengidap diabetes boleh memakannya secara bebas.

Jenis makanan dengan skor GI tinggi akan meningkatkan kadar gula darah. Dilansir dari Medical News Today, Jumat (3/7), ADA menganggap makanan dengan skor 55 atau kurang memiliki skor GI rendah. Wortel rebus memiliki skor GI 33, dan wortel mentah lebih rendah lagi.

Asosiasi tersebut merekomendasikan makan setidaknya 3-5 porsi sayuran sehari. Penderita diabetes boleh makan sayuran non-tepung termasuk wortel.

Memakannya mentah atau memasaknya dengan sangat ringan dapat membantu mencegah skor GI. Berbagai senyawa dalam wortel, seperti karotenoid, serat, dan vitamin A dapat membantu mengelola kadar gula darah dan mencegah komplikasi. Bahkan wortel bisa mencegah kerusakan mata karena diabetes.

Mempertahankan pola makan yang sehat, mengurangi asupan karbohidrat, dan meningkatkan olahraga adalah kunci dalam mengelola diabetes. Wortel dapat bermanfaat bagi penderita diabetes karena mengandung senyawa-senyawa berikut :

 

1. Karotenoid

Wortel adalah sumber pigmen karotenoid yang baik. Dalam makanan, senyawa-senyawa ini terutama terjadi pada buah dan sayuran berwarna oranye dan kuning.

Pigmen di mata seseorang juga mengandung karoten, dan aktivitas antioksidannya membantu melindungi retina dari kerusakan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa karotenoid mungkin melindungi terhadap retinopati diabetik.

Retinopati diabetik adalah penyakit yang dapat menyebabkan hilangnya penglihatan pasien diabetes. Kondisi ini merupakan komplikasi umum dari diabetes.

Menurut sebuah studi tahun 2015, diet yang mengandung alfa dan beta karoten tingkat tinggi dapat berkontribusi pada penurunan risiko diabetes tipe 2. Wortel adalah sayuran yang kaya karoten. Wortel mengandung 8.285 mikrogram (mcg) beta karoten dan 3.477 mcg alpha karoten per 100 gram.

 

2. Karbohidrat sehat

Wortel mentah sedang mengandung 5,84 gram karbohidrat. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), rata-rata karbohidrat yang boleh dikonsumsi adalah 45 persen dari asupan kalori untuk penderita diabetes.

 

3. Vitamin A

Menurut sebuah artikel tahun 2015 dalam jurnal Diabetes Management, kadar vitamin A yang rendah mungkin merupakan faktor risiko independen untuk diabetes. Maka pasien diabetes, harus memastikan untuk mengonsumsi vitamin A yang cukup. Vitamin ini juga membantu mengatur fungsi kekebalan tubuh. Wortel adalah sumber vitamin A yang baik, mengandung 835 mikrogram per 100 gram.

 

4. Serat

Makan lebih banyak serat dapat membantu memerangi diabetes.
Penderita diabetes harus mengonsumsi 20-35 gram serat per hari, dari sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian yang diproses minimal. Dan wortel mengandung 2,8 gram serat makanan per 100 gram.


Boleh Dikonsumsi Pasien Diabetes, Ini Manfaat Kandungan Nutrisi Wortel