Khawatir Lonjakan Kasus Covid-19, Bolivia Siapkan Kuburan Masal

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Khawatir Lonjakan Kasus Covid-19, Bolivia Siapkan Kuburan Masal


JawaPos.com – Pihak berwenang Bolivia telah siap dengan kemungkinan terburuk pandemi Covid-19. Di tengah kekhawatiran lonjakan kasus positif, otoritas Bolivia menggali kuburan masal di seluruh wilayah. Tentunya untuk menampung korban meninggal lantaran adanya gelombang kasus baru.

Boliva hingga kini mencatat 36.818 kasus positif Covid-19. Dari jumlah itu, angka kematian sebanyak 1.320 jiwa. Ini seperti data yang dipublikasikan oleh Worldometers.

Meski jumlahnya sedikit dibandingkan dengan negara-negara tetangga seperti Peru, Cile, dan Brasil, kasus baru melonjak dalam beberapa pekan terakhir. Hal itu membuat sistem pelayanan kesehatan di sejumlah daerah kewalahan.

Cochabamba, kota di Bolivia tengah, sangat terdampak wabah Covid-19. Alat berat dan truk di kota tersebut digunakan untuk menggali lubang besar guna menguburkan orang-orang yang meninggal akibat Covid-19.

Perwakilan rumah duka setempat, Raquel Loaiza, mengatakan warga yang meninggal secara alami telah dimakamkan namun berbeda dengan mereka yang meninggal akibat Covid-19. Loaiza menyebut jenazah pasien Covid-19 masih ditempatkan di ruangan untuk menunggu dimakamkan.

“Belum ada satu pun yang dimakamkan,” kata Loaiza seperti dilansir Reuters. Dia mengungkapkan bahwa sebanyak 135 jasad masih menunggu untuk dimakamkan.

Di satu sisi, masyarakat Bolivia dibuat resah terkait persiapan kuburan masal. Mereka khawatir kuburan masal dapat memicu infeksi baru di lingkungan sekitar pemakaman.


Khawatir Lonjakan Kasus Covid-19, Bolivia Siapkan Kuburan Masal