Korona Bisa Ditangkal dengan Peningkatan Imun, Jakarta Jadi Bukti

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Korona Bisa Ditangkal dengan Peningkatan Imun, Jakarta Jadi Bukti


JawaPos.com – Daya tahan tubuh yang kuat disebut menjadi kunci untuk terhindar dari infeksi Covid-19. Sehingga jika pun tertular Covid-19, bisa terkena gejala yang ringan atau terhindar dari kondisi yang parah. Karena itu selain tetap mematuhi protokol kesehatan, masyarakat diminta selalu menjaga daya tahan tubuhnya dengan nutrisi yang tepat, olahraga teratur, dan istrirahat yang cukup.

 

Berbagai asupan vitamin dan imunomodulator diyakini bisa meningkatkan imun tubuh. VP Research & Development and Regulatory SOHO Global Health (IMBOOST) DR. Raphael Aswin Susilowidodo, M.Si, VP Research & Development and Regulatory SOHO Global Health mengatakan immunomodulator merupakan zat yang dapat memodulasi atau mengatur sistem daya tahan tubuh dan mencegah penyebaran infeksi lebih lanjut.

 

“Misalnya ekstrak Echinacea pupurea  dan zinc picolinate. Kandungan ekstrak Echinacea purpurea dapat memodulasi atau mengatur sistem daya tahan tubuh dan mencegah penyebaran infeksi lebih lanjut. Sementara zinc picolinate berperanan aktif dan bekerja sinergis pada sistem imun tubuh,” jelasnya dalam konferensi pers virtual, Kamis (9/7).

 

Penjelasan itu dibenarkan oleh Dokter Spesialis Paru dari Departemen Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi FKUI dan RS Persahabatan, Dr. Budhi Antariksa Ph.(D), Sp. P (K). Menurutnya, banyaknya Orang Tanpa Gejala (OTG) tapi terinfeksi Covid-19, salah satunya karena daya tahan tubuhnya cukup kuat untuk melawan virus. Dia menceritakan pengalamannya saat menangani pasien warga Jakarta dan membandingkan kondisi saat awal pandemi muncul di Jakarta saat bulan Maret dan saat ini.

 

“Anggapannya, kalau daya tahan tubuhnya baik, virusnya tak ganas. Saya cerita kasus di Jakarta saat ini itu, dibanding awal Maret itu pasien yang kena Covid-19 saat itu, kondisinya sangat jelek,” kata dr. Budhi. “Tapi sekarang, walaupun juga ada yang kena Covid-19, kondisinya tak seburuk saat awal pandemi. Ini artinya warga semakin sadar untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya dengan olahraga, makan bergizi, dan berbagai protokol kesehatan mulai dipatuhi,” kata dr. Budhi.

 

Maka virus Korona bisa ditangkal oleh daya tahan tubuh. Salah satunya bisa dibantu dengan konsumsi multivitamin. “Ditingkatkan dulu daya tahan tubuhnya. Jadi jika kena, egggak akan kena separah itu,” paparnya.

 

Sementara itu, Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) DR (Cand) dr.  Inggrid Tania, M.Si., membenarkan daya tahan tubuh bisa ditingkatkan dengan suplemen immunomodulator. Immununomodulator adalah zat atau substansi yang dapat mempengaruhi sistem imun. ’’Artinya, sistem tubuh diaktivasi dan dimodulasi,’’ terang dia. (*)

 


Korona Bisa Ditangkal dengan Peningkatan Imun, Jakarta Jadi Bukti