Lebih Baik Teh Hijau atau Jeruk Nipis untuk Turunkan Berat Badan?

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Lebih Baik Teh Hijau atau Jeruk Nipis untuk Turunkan Berat Badan?


JawaPos.com – Ragam cara dilakukan agar bisa menurunkan berat badan. Salah satu minum minuman yang terbuat dari jeruk nipis atau teh hijau, yang dianggap bisa membantu membakar lemak. Lantas, mana yang lebih baik dari keduanya?

Selama ini, sebagian orang mempercayai kalau minum air jeruk nipis bisa membantu membakar lemak. Sehingga dikatakan, berat badan bisa turun dengan cepat. Namun ternyata, hal tersebut hanyalah mitos belaka.

Hal ini dikemukan Ardy Brian Lizuardi, Master of Science in Nutrician and Health Wageningen University, Belanda. Menurut Ardy, belum ada penelitian yang mengatakan kalau jeruk nipis bisa membantu menurunkan berat badan secara langsung pada manusia. Hanya saja, penelitian memang pernah dilakukan pada tikus.

“Ada sebuah studi tapi dilakukan pada tikus. Tikus dan manusia jelas berbeda. Tapi bisa dimengerti juga karena memang banyak banget diet-diet yang infonya enggak benar,” ujar Ardy dalam bincang-bincang virtual NutriClass, Selasa.

Lalu ada juga yang mengatakan kalau minum air jeruk nipis diberi pepper bisa menurunkan berat badan selama 14 hari. Terkait hal ini Ardy juga tidak membenarkan. “Ya mungkin benar turun kalau dia enggak makan dan cuma minum air jeruk nipis aja,” lanjutnya.

Bagaimana dengan teh hijau?

Jika bicara minuman untuk membantu menurunkan berat badan, ada baiknya meminum teh hijau. Sebab, ungkap Ardy, teh hijau sudah terbukti secara ilmiah. Penelitian menyebutkan orang yang minum 1 atau 2 gelas teh hijau sehari bisa mengalami penurunan berat badan dibandingkan mereka yang tidak minum.

Tentunya, saat rutin minum teh hijau harus diimbangi dengan kontrol kalori dan olahraga yang cukup. “Bisa mengalami penurunan berat badan spesifiknya lemak tapi tetap harus dijaga asupan kalorinya,” jelas Ardy.

Dengan demikian, ia mengingatkan, tidak ada cara yang instan untuk menurunan berat badan. Kalau hanya bergantung pada minuman sehat saja juga tidak cukup. Harus tetap dikontrol asupan kalorinya. Olahraganya pun harus rutin.

“Kalau mau menurunkan berat badan atau lemak harus membatasi asupan lemak dan kalori dan membakar kalori dengan olahraga. Boleh-boleh aja minum air jeruk nipis tapi kalau tujuannya untuk menurunkan berat badan, itu hanya mitos,” tutupnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

 


Lebih Baik Teh Hijau atau Jeruk Nipis untuk Turunkan Berat Badan?