Perundingan Nuklir Buntu, Kim Jong Un dan Trump Harus Bertemu Kembali

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Perundingan Nuklir Buntu, Kim Jong Un dan Trump Harus Bertemu Kembali


JawaPos.com – Korea Utara dan Amerika Serikat masih belum menemukan solusi dalan persoalan perundingan senjata nuklir. Kedua pemimpin negara yakni Donald Trump dan Kim Jong Un diminta untuk segera menyelesaikannya dan jangan ditunda. Dialog bisa dilakukan dengan mengadakan pertemuan lagi.

Usulan itu disampaikan oleh Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. Dia menginginkan agar Trump dan Kim Jong Un segera bertemu untuk memulai kembali perundingan nuklir yang masih buntu. Hal itu diungkap oleh seorang pejabat Seoul, Rabu (1/7).

Saran Moon untuk KTT AS-Korea Utara lainnya datang selama konferensi video dengan Presiden Dewan Eropa Charles Michel pada Selasa (30/6). Dialog bahkan harus dipercepat sebelum Pemilu AS 2020.

“Saya percaya ada kebutuhan bagi Korea Utara dan Amerika Serikat untuk mencoba dialog sekali lagi sebelum pemilihan presiden AS,” kata seorang pejabat presiden mengutip Moon seperti dilansir dari New York Post, Rabu (1/7).

“Masalah program nuklir dan sanksi pada akhirnya harus diselesaikan melalui perundingan Korea Utara-AS,” tambahnya.

Permintaan itu serius diungkapkan Moon. Kantor Moon sudah menghubungi Washington tentang kemungkinan pertemuan.

Terakhir kali, Trump dan Kim Jong-un berbicara sebelum pertemuan di Zona Demiliterisasi pada 30 Juni 2019. Trump dan Kim bertemu untuk pertama kalinya pada tahun 2018 di Singapura dan kedua pemimpin menandatangani perjanjian. Mereka berjanji bahwa Pyongyang akan menyerahkan senjata nuklirnya.

KTT kedua mereka di awal 2019 di Vietnam terputus. Trump dan Kim bertemu lagi pada bulan Juni tahun itu di zona demiliterisasi yang memisahkan kedua Korea dan sepakat untuk memulai kembali perundingan. Namun pembicaraan antara kedua pihak terhenti pada Oktober.

Saksikan video menarik berikut ini:


Perundingan Nuklir Buntu, Kim Jong Un dan Trump Harus Bertemu Kembali